
Improving Reading Comprehension Through Elementary Stories To The Sixth Grade Students Of SDN 045 Tarakan
Pengarang : Safaruddin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca teks bergambar. Penelitian in telah dilaksanakan di SDN 045 Tarakan yang berlokasi di Jl. Binalatung Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur dari bulan Agustus sampai bulan September 2013. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam SDN 045 Tarakan tahun pembelajaran 2013/2014 terdiri dari 30 siswa. Subyek diajar Bahasa Inggris dengan menggunakan cerita-cerita dasar sebagai media. Kriteria ketuntasan minimal dalam penelitian ini adalah 65. Untuk menentukan keberhasilan dari penelitian ini, ada kriteria keberhasilan yaitu: 80% dari jumlah siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengukur penguasaan kemampuan membaca siswa, tes pemahaman telah didistribusikan. Untuk mengetahui aktifitas guru dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar, lembar observasi telah digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, kriteria keberhasilan yaitu 75% dari total siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal pada setiap siklus. Berdasarkan dari kriteria keberhasilan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan cerita-cerita dasar sebagai media ajar dapat meningkatkan pengetahuan serta pemahaman siswa dalam membaca dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Ini dibuktikan dari hasil tes pemahaman, observasi siswa dan guru. Dari hasil tes pemahaman membaca pada siklus 1 ada empat belas siswa atau 46,7% yang mendapatkan nilai 61-80 yang termasuk kategori baik dan enam siswa atau 20% mendapatkan nilai sangat baik. Pada siklus kedua, delapan siswa atau 26,7% mendapatkan nilai dengan kategori baik serta enam belas siswa atau 53,3% mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik.
The objective of this research is to improve the student’s Reading Comprehension through Elementary Stories. This research was conducted in SDN 045 Tarakan located on Jl. Binalatung Tarakan started from August 2013 until September 2013. The subject of this research was the sixth grade students of SDN 045 Tarakan in academic year 2013/2014 consisting thirty students. The subject was taught by using elementary stories. The minimum passing grade in this research was 65. To determine the success of this study, there was a criterion of success namely; 75% of the total students could pass the minimum passing grade. To measure the reading comprehension of students, the test was distributed, to know the students’ and teacher’s activities in teaching learning process, the observation sheets were employed. Based on the criteria of success, the result of this research showed that reading comprehension of students can increase. This was proven from the result from students’ score in reading comprehension test, students’ and teacher’s observation. From the reading comprehension result in first cycle there were only ten students or 33.3% students didn’t pass the criteria of success, and twenty students or 66,7% could pass the criteria of success. In second cycle there were only six students or 20% students didn’t pass the criteria of success and twenty four or 80% could pass the criteria of success.