Analisis Minat dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Minat dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Analisis Minat dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Roisatul Afifa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan pada materi IPA Biologi. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 3 Tarakan yang berjumalah 74 siswa, guru mata pelajaran IPA dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secara online dengan dua kali pengulangan, wawancara guru dan orang tua siswa, serta obsevasi pada saat pembelajaran. Data dianalisi secara kuantitatif dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan yang dianalisis pada materi sistem pencernaan termasuk pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 70.27% dengan frekuensi 52 siswa. Sedangkan minat siswa pada materi sistem pencernaan termasuk pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 66.21% dengan frekuensi 49 siswa. Faktor yang mempengaruhi minat siswa pada pengulangan pertama yaitu materi pelajaran dengan persentse 48.64%, sarana dan prasarana dengan persentase 63.51%, kegiatan siswa dengan masyarakat dengan persentase 67.56% dan media massa 64.78% dengan kriteria cukup berpengaruh. Pada pengulangan kedua Faktor yang mempengaruhi minat siswa yaitu Materi pelajaran dengan persentase 54.05% dan kegiatan siswa dengan masyarakat 63.51% dengan kriteria cukup berpengaruh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa dengan dua kali pengulangan termasuk pada kategori sedang, sedangkan faktor dominan yang mempengaruhi minat siswa yaitu materi pelajaran dan kegiatan siswa dengan masyarakat.

This study aimed to analyze students’ interest in learning Biologi and factors that influenced the interest among the eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan. This survey research used a quantitative descriptive approach. The subjects were 74 students of the SMP Negeri 3 Tarakan, teachers of science subject and parents of students. Data ware collected by distributing online questionnaires with two repetitions, interviewing the teachers and the parents, and observations during learning. The collected data ware analyzed quantitatively and descriptively. The results showed that in the first repetition, the students’ interest level in the material of the digestive system was moderate with a percentage value of 70.27% or a frequency of 52 students. Meanwhile, in the second repetition, students’ interest level on the material of the digestive system was moderate with a percentage value of 66.21% or a frequency of 49 students. Factors that influenced student interest in the first repetition repetition were subject matter (48.64%), facilities and infrastructure (63.51%), student activities with the community (64.78%), categorized as quite influential. In the second repetition, factors that affected student interest were the subject matter (54.05%) and student activities with the community (63.51%), cantegorized as quite influential. So, it could be concluded that the interest of student with two repetitions was in the moderate category, while the dominant factors that influenced their interest were subject matter and student activities with the community.

Detail Informasi