Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 035 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 035 Tarakan

Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 035 Tarakan

Pengarang : Mitha Anggara Saraswati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Confidence terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 035 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jenis penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh Self Confidence terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 035 Tarakan. Penelitian dilaksanakan secara daring (online) dengan membagikan angket melalui google form kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2021. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independen) Self Confidence dan variabel terikat (dependen) hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Self Confidence terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 035 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana melalui uji t diperoleh Thitung sebesar 0,716 dengan signifikan 0,478 dan nilai Ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05 dengan (df)= N-2= 51-2 = 49 diperoleh sebesar 1,676 maka Thitung 0,716 < Ttabel 1,676 dengan taraf signifikan 5% dengan thitung < ttabel maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Data hipotesis ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Self Confidence terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 035 Tarakan.

Kata Kunci: Self Confidence, Hasil Belajar

This study aimed to determine the effect of self-confidence on the learning achievement of the fourth-grade students at the SDN 035 Tarakan. This quantitative research used survey methods. This research was to test hypothesis that self-confidence has effect of the learning achievement of the fourth-grade students at the SDN 035 Tarakan. The research was carried out online by distributing questionnaires via google form to the students. This research was conducted from February to March 2021.In this study there were to variables namely the independent variable (Self-confidence) and the dependent variable (learning achievement). The results of this study showed that there was no effect of self-confidence on the learning achievement of the fourth-grade students at the SDN 035 Tarakan. This could be seen from the results of simple linear regression analysis through the t-test that obtained t-count of 0.716 with a significance of 0.478 and the value of t-table of 1.676 at a significant level = 0.05 with (df) = N-2 = 51-2 = 49. as the t-count 0.716 < the t-table 1.676 with a significant level of 5%, the null hypothesis (H0) was accepted, and the alternative hypothesis (Ha) was rejected. This indicate that there was no effect of self-confidence on the learning achievement of the fourth-grade students at the SDN 035 Tarakan. Keywords: Self-confidence, Learning Achievement

Detail Informasi