
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang : Nuriti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-6 dan kelas VII-7 yang berjumlah 64 siswa, sampel ditentukan dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VII-6 dan kelas VII-7 (64 siswa) mengalami kesulitan belajar, nilai rata-ratanya adalah 44 dengan katagori kesulitan belajar tinggi. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa berasal dari faktor internal (60,24%) dan faktor eksternal (60,36%) dengan kriteria cukup berpengaruh. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar tertinggi dari faktor internal adalah mencari dan membaca buku biologi pada saat jam pelajaran sedang kosong (53,52%), sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar tertinggi dari faktor eksternal adalah teman bergaul siswa lebih senang mengajak bermain daripada belajar (52,34%) dengan kriteria cukup berpengaruh.
This study aimed to analyze learning difficulties and the factors that cause learning difficulties in biology lessons among the seventh grade students of SMP Negeri 3 Tarakan. This survey research used quantitative and qualitative approaches. The sample in this study was students from class VII-6 and VII-7, totaling 64 participants who were determined through pulposive sampling. The research instruments used were tests and questionnaires. The results showed that the students of class VII-6 and class VII-7 had learning difficulties, the average score was 44 which was categorized as high learning difficulty. The causes of students’ learning difficulties came from internal factors (60.24%) and external factors (60.36%), with quite influential criteria. The highest learning difficulties that came from internal factors are finding and reading biology books when class hours are empty (53.52%), while the highest learning difficulties that came from external factors were friends who were more likely to invite students to play than study (52.34%), with quite influential criteria.