
Pengembangan Website Layanan Informasi Bimbingan Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama
Pengarang : Renny Fitriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segi kelayakan pada Media Website Layanan Informasi Bimbingan Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi dari teori Borg and Gall (2015) yang dilaksanakan sampai pada tahap ke 5. Adapun tahapannya yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain. Hasil penelitian menunjukkan nilai skor yang diperoleh dari validator ahli desain sebesar 47 atau 78% berada pada kategori sangat layak, nilai skor dari validator ahli materi sebesar 52 atau 87% berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Website Layanan Informasi Bimbingan Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama dikategorikan layak atau baik dijadikan sebagai media informasi perencanaan karir.
Kata Kunci: Layanan Informasi Karir, Penelitian dan Pengembangan, Media WINKS
The purpose of this study is to know the appropriateness of Media Development of Career Information Services Website for Middle School Students. This development research is adapted from the Borg and Gall development research design (2015) which is carried out until the 5th stage. The stages are: 1) Potential and Problem, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Revision. The results showed that the scores obtained from the design expert validator of 47 or 78% were in reasonable category, the score of the material expert validator of 52 or 87% was in very reasonable category. Based on this it can be concluded that the Media Development of Career Information Services Website for Middle School Students is feasible and well used as a media for career planning information. Keywords: Career Information Services, Research and Development, WINKS Media