
Pengaruh Model PAKEM Melalui Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Febriyanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model PAKEM melalui pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 12 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan uji independent simple t-test (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data akhir (post test) diperoleh thitung sebesar 2,393 dan ttabel sebesar 1,998 karena thitung ? ttabel serta nilai signifikan 0,010 ? 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa model PAKEM melalui pendekatan CTL berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: CTL, Hasil Belajar, PAKEM
This study aimed to determine the effect of the PAKEM Model through a CTL approach on learning outcomes of ninth grade students of SMP Negeri 12 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2020/2021 school year at SMP Negeri 12 Tarakan. This quasi-experimental research used a postest-only control design. The population in this study were all ninth grade students of SMP Negeri 12 Tarakan. Sampling was done using Simple Random Sampling technique. The sample in this study was students from class IX-1 as the experimental groub and class IX-3 as the control groub. The data was collected by means of a learning outcome teset. Descriptive analysis arithmetic mean and standard deviation. Inferensial analysis include the independent simple t-test. Based on the results of the final data analysis (posttest), it was obtained t-count of 2.393 and t -table of 1.998. Because the t-count ? t table and the significant value of 0,010 ? 5%, it was concluded that the PAKEM Model through the CTL approach had an effect on student mathematics learning outcomes. Keywords: CTL, Learning Outcome, PAKEM