
Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Play Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa
Pengarang : Suminah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk berupa Modul Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMA/SMK/MA Sederajat sebagai media dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penyesuaian diri merupakan suatu proses dinamis yang bertujuan mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai antara diri individu dengan diri sendiri, orang lain serta lingkungan. Penyesuaian diri juga merupakan proses interaksi antara diri sendiri dengan orang lain dan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi oleh Borg and Gall dan dalam pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara tidak terstruktur. Pada penelitian dan pengembangan ini terdapat hasil yang telah dilakukan oleh ahli desain dan ahli materi sehingga diperoleh skor dari validasi ahli desain 115 dengan persentase 74% dan dari validasi ahli materi 105 dengan persentase 73%. Hasil ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan oleh peneliti layak dan baik digunakan dilapangan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMA/SMK/MA sederajat.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Play, Penyesuaian Diri
The purpose of this research and development is to develop a product in the form of a Group Guidance Module with Role Play Technique to Improve the Adjustment of High School / Vocational School / MA Equivalent Students as a medium in implementing guidance and counseling services in schools. Self-adjustment is a dynamic process that aims to change individual behavior so that there is a more appropriate relationship between the individual and himself, other people and the environment. Self-adjustment is also a process of interaction between oneself and others and their environment. This study uses a research and development (R&D) approach with research and development procedures modified by Borg and Gall and in data collection through direct observation and unstructured interviews. In this research and development, there are results that have been carried out by design experts and material experts so that the score from the design expert validation is 115 with a percentage of 74% and from the material expert validation 105 with a percentage of 73%. These results indicate that the module developed by the researcher is feasible and good for use in the field to improve the adjustment of students of SMA / SMK / MA and equivalent. Keywords: Group Guidance, Role Play Technique, Self-Adjustment