Profil Kecerdasan Logis Matematis Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas IX Di MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Profil Kecerdasan Logis Matematis Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas IX Di MTs Negeri Tarakan

Profil Kecerdasan Logis Matematis Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas IX Di MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Hardani Idris - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kecerdasan logis matematis dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data kecerdasan logis matematais dalam memecahkan masalah menggunakan tes kecerdasan logis matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk melihat profil kecerdasan logis matematis secara tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil Kecerdasan Logis Matematis dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel siswa berjenis kelamin laki-laki pada indikator pertama sudah tampak. Indikator kedua tidak tampak. Indikator ketiga tidak tampak. Dan pada indikator keempat juga tidak tampak. Sedangkan profil Kecerdasan Logis Matematis dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel siswa berjenis kelamin perempuan pada indikator pertama sudah tampak. Indikator kedua sudah tampak. Indikator ketiga tidak tampak. Dan pada indikator keempat siswa perempuan tidak tampak.

Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Jenis Kelamin, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

The Purpose of this research to describe a Mathematical Logical Intelligence Profile in Solving System Problems of Linear Equations Two Variables Viewed from Gender at ninth Grade Students of MTs Negeri Tarakan. The Subject of this research was ninth Grade Students of MTs Negeri Tarakan in Academic Years 2018/2019. This research using Descriptive qualitative method the collecting data logical intelligence in resolved problem using mathematical logical intelligence test and interview test. The Researcher using Descriptive Statistic to analysis the data to Shows mathematical logical intelligence profile in writing. The results of this study indicate that the profile of Mathematical Logical Intelligence in solving system problems linear equations of two male student variables in the first indicator is visible. The second indicator is not visible. The third indicator is not visible. And the fourth indicator is also not visible. While the profile of Mathematical Logical Intelligence in solving system problems linear equations of two female student variables in the first indicator are visible. The second indicator appears. The third indicator is not visible. And the fourth indicator of female students is not visible. Keyword: Mathematical Logical Intelligence, Gender, Linear Equations Two Variables System

Detail Informasi