
Improving The Students’ Achievement On Reading Comprehension Through Jigsaw Technique At Grade XII Teknik Audio Video Of SMK Negeri 2 Tarakan Academic Year 2013/2014
Pengarang : Juni Wahyunistira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pemahaman membaca melalui teknik Jigsaw. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XII Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 31 siswa sebagai sampelnya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Agustus sampai bulan September 2013. Di dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer. Peneliti melaksanakan dua siklus Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil observasi, data yang ditemukan hasil tes siswa pada kedua siklus sudah menunjukkan peningkatan. Hasil dari tindakan menunjukkan bahwa setelah peneliti melakukan tindakan, prestasi siswa dalam pemahaman membaca dapat meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada hasil tes tes siswa dari kedua siklus dan didukung dari data hasil observasi pada aktifitas siswa selama tindakan. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini tergantung pada KKM sekolah yang sudah ditentukan, yaitu 75 dan penelitian ini berhasil apabila didalam kelas ada 70% siswa yang lulus pada pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama ditemukan bahwa ada 16 siswa berhasil atau 52% dari 70% kriteria kelulusan dan meningkat sampai 74% atau 23 siswa telah berhasil pada tes siklus kedua. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik Jigsaw mampu meningkatkan prestasi siswa dalam pemahaman membaca.
The objective of this research was to improve students’ achievement on reading comprehension through Jigsaw Technique. Related to the purpose of the research, the research method which used in this research was class action research. The subject of the research was the students of class XII of SMK N 2 Tarakan in the academic 2013/2014 consisting of 31 students. The action research was conducted from August to September 2013. In this research, the researcher as he observer and the teacher collaborator as a teacher taught reading trough Jigsaw Technique. Researcher conducted two cycle of classroom action research. Based on observation the data was founded that the students’ test result has shown an increase in both cycles. The result of the action showed that after the researcher conducted the action, the students’ achievement on reading comprehension could improve as shown in students’ test result in both cycle, and the data was supported by the result of observation students’ activities. The criteria of success of this research depends on the minimum score of the school that have been determined, it was 75 and the research would be successful if in the class there were 70% of students have reached the minimum score. Based on the test in the first cycle was found that there were 16 students who succeeded or 52% from 70% criteria of success. Then, it improved to 74% or 23 students who were successful in the second cycle test. So, it can be concluded that the implementation of Jigsaw technique was able to improve the students’ achievement on reading comprehension.