Analisis Hambatan Guru IPA (Biologi) Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMPK Frater Don Bosco | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Hambatan Guru IPA (Biologi) Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMPK Frater Don Bosco

Analisis Hambatan Guru IPA (Biologi) Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMPK Frater Don Bosco

Pengarang : Berda Harry Seven Simbolon - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hambatan guru IPA (Biologi) pada implementasi Kurikulum 2013 di kelas VII SMPK Frater Don Bosco. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh melalui catatan tertulis dan pengambilan foto. Data sekunder yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumen pendukung dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yaitu Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Cek Dokumen Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan pada implementasi kurikulum 2013 pada guru Ipa di SMPK Frater Don Bosco Tarakan pada indikator Perencanaan pembelajaran sebagian besar terlaksana dengan baik. Namun disisi lain masih terdapat beberapa perangkat perencanaan pembelajaran yang belum sepenunya terpenuhi. Tidak terpenuhinya beberapa unsur dari perencanaan pembelajaran disebabkan oleh beberapa faktor penghambat antara lain, keterbatasan waktu dalam membuat media pembelajaran, pengalaman guru yang masih tergolong singkat sehingga guru dalam menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) belum maksimal, Guru masih terpaku pada contoh RPP yang diperoleh dari pemerintah, persiapan materi yang mau diajarakan belum tau arahnya dan sulitnya koordinasi antar sesama guru dalam mengajarakan materi karena adanya pemindahan mata pelajaran.

This study aimed to analyze the obstacles of Biology teacher in implementing the 2013 Curriculum at class VII of SMPK Frater Don Bosco. The research design was a case study using a qualitative descriptive approach. The data used in this study were primary and secondary data. The primary data sources were obtained through field notes and documentation. The secondary data in this study was the proponent documents in implementing the 2013 curriculum, namely syllabus, lesson plan, and document sheet of 2013 curriculum. The result of this study showed the obstacles in implementing the 2013 curriculum for Biology teachers at SMPK Frater Don Bosco Tarakan was on indicator of lesson plan which was mostly implemented well. On the other hand, there was a number of learning plans that had not completely fulfilled. It due to several inhibiting factors, they were : (1) the limited time in creating a learning media ; (2) the teacher experience which was relatively short in preparing the lesson plan; (3) the teacher was monotone on model of lesson plan which was obtained from the government; (4) the material for teaching preparation was undirected and the difficulty of coordination among teachers in teaching the material.

Detail Informasi