
Increasing The Students’ Vocabulary Through Word Flower Method At Sixth-A Grade Students In SDN 004 Tarakan
Pengarang : Adi Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Media gambar adalah media yang sering digunakan dan menarik bagi siswa. Selain itu, media gambar juga berguna untuk meningkatkan kinerja dan memotifasi siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini media tersebut digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas 6-A SDN 004 Tarakan. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 2 minggu pada proses belajar mengajar di semester 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode word flower atau media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian akan menggunakan angket dan lembar tes sebagai instrumen dan akan dideskriptifkan secara kualitatif. Setelah melakukan tindakan selama 2 siklus, hasil tes dianalisis dan hasilnya kemampuan siswa mengalami peningkatan. Hasil siklus I ketuntasan belajar siswa dalam pra tes yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal adalah 76,2 % yang terdiri dari 11 siswa yang tidak tuntas dengan menggunakan 70 sebagai nilai terendah .pada siklus II ketuntasan siswa dalam tes kosakata yang berupa soal tertulis sebanyak 20 soal adalah 88 % dan tidak ada siswa yang gagal dalam tes ini. Dari hasil siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 11,8%.
Picture is a media that often using and interesting for student. Expect that, picture also useful to increase the students’ ability and motivate the students in learning. In this research, the media was used to increase students’ vocabulary. In this research was Class Action Research (CAR) with the sixth-A grade students in SDN 004 Tarakan as the object of research. The research taken more than 2 week at learning and teaching process in second semester. The purpose of this research is to find whether the word flower method or picture can increasing the students’ vocabulary. This research used questionaire and test form as the instruments and will be described as qualitatif. After 2 cycle action in 2 week, the test result analyzed and the result of the students’ abbility was increased. The result of cycle I the success of the study in pre-tes that used 20 question multiple choice was 76,2 % that consist 11 students that failed by used 70 as the lowest score. In cycle II the success of the students in vocabulary test that 20 number of essay question was 88% and no one students that failed in this test. based on the result of the cycle I and II increased 11,8%.