
Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Magic Box Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi Di Kelas III SDN 011 Tarakan
Pengarang : Febryani Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran media explosion magic box dan mengetahui kelayakan yang ditinjau dari ahli validasi dan tingkat kelayakan yang ditinjau respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran Tema 7 Subtema 4 pada kelas kelas 3 SDN 011 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penggunaan model penelitian tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, lembar validasi, Lembar Angket Respon Siswa mengenai media pembelajaran. Produk media Media explosion Magic Box yang dikembangkan berbentuk kotak atau kubus yang didalamnya terdapat sebuah kotak lagi, Media explosion magic box terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pertama berupa kotak dimana pada saat penutup dibuka pada setiap sisi berisikan materi, Lapisan media explosion magic box berisikan materi dan gambar pop-up serta Materi dan gambar menggunakan kertas hvs dan kertas art paper. asil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 88%, ahli media 82% dan praktisi 96%. Hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 84%. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi menunjukkan bahwa media explosion magic box sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon siswa mengenai media pembelajaran pada uji terbatas menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media yang ditinjau oleh respon siswa mengenai media explosion magic box sangat tertarik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Explosion Magic Box
This study aimed to develop a learning media of explosion magic box and to determine its feasibility in terms of validation experts and student responses. it was used as the learning media for theme 7 and subtheme 4 in the third grade of SDN 011 Tarakan. this research model was to produce appropriate learning media. the data were collected through observation, interviews, validation sheets, and student response questionnaire sheets regarding learning media. the media product was in the form of a box or cube in which there was another box. it consisted of two parts; the first part was a box that contained the learning material when its cover was opened on each side. the media layer contained pop-up materials, images, and materials and images that were made using HVS paper and original art paper. the validation obtained from material experts was 88%, media experts was 82% and practitioners was 96%. the results of the student response questionnaire in the limited trial were 84%. the results of the validation of media experts, material experts, and practitioner experts showed that the explosion magic box was very suitable to be used in the learning process. the results of the student response questionnaire showed that the explosion magic box media was very interested. Keywords: Development, Media, Explosion Magic Box