The Orders Of Grammatical Morphemes Through The Pictures Made By The Grade X-B Students Of SMA Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The  Orders Of Grammatical Morphemes Through The Pictures Made By The Grade X-B Students Of SMA Negeri 1 Tarakan

The Orders Of Grammatical Morphemes Through The Pictures Made By The Grade X-B Students Of SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Milla Astuty Yoshopa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Urut – urutan gramatikal morpheme adalah kumpulan tata bahasa atau fonologi yang di peroleh melalui penemuan studi longitudinal secara langsung atau pun tidak langsung. Penelitian ini adalah sebagai latar belakang di dalam bahasa inggris yang cukup kontroversial. Bagaimanapun,penelitian ini adalah menyatakan apakah instruksi atau perintah resmi mempunyai efek untuk siswa memperoleh bahasa yang ingin di capai. Dalam materi ini terminology yang ke dua secara umum di gunakan untuk mengacu pada bahasa pertama,,di mana dalam hal ini adalah bahasa inggris. Para guru seharusnya mengerti akan faktor yang menunjukan dimana instruksi itu sukses atau tidak. Karena ini sangat membutuhkan kerja keras untuk membuat siswa memperoleh sebuah bahasa di dalam ruang kelas. Banyak pelajaran sebelumnya telah selesai di teliti sebagai urutan baik itu bahasa inggris atau bahasa kedua dimana sangat banyak sekali teori yang telah di buat. Oleh karena itu penulis menginginkan penelitian pada bagian ini membahas tentang urut – urutan gramatikal morpheme itu sendiri seperti V-ing , plural (s/es), to be , irregular dan regular verb di mana telah melaksanakan penelitian oleh siswa – siswa kelas X-B di SMA NEGERI 1 Tarakan. Demikian,penulis menggunakan model cross sectional yang di sesuaikan dengan tugas yang di peroleh. Untuk mengetahui hasil dari urut-urutan lima garamatikal morpheme yang telah di pelajari oleh siswa – siswa kelas X-B di SMA NEGERI 1 dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa langkah yaitu : 1. Pisahkan setiap data menurut gramatikal morpheme dan masukan data pada setiap table dan nilai pada kalimat berdasarkan analisis data tersebut. 2. Analisa data dengan menggunakan analisis data yang sudah didapat berdasarkan teori Dulay and Burt sebagai teknik penelitian dan hitunglah data itu dengan menggunakan kumpulan metode penilaian. Berdasarkan langkah-langkah ini, maka menyatakan bahwa plural (s/es) adalah urutan yang ke 1 dengan 95%, sementara regular verb berada pada urutan ke 2 dengan 87 %, irregular verb berada pada urutan ke 3 dengan 84%,V-ing berada pada urutan ke 4 dengan 83% dan di urutan terakhir adalah to be dengan 82%.




The orders of grammatical morpheme is the orders in which items or groups of items of grammar discourse or phonology are acquired; discovered directly by longitudinal studies (done over time) or indirectly by cross-sectional studies (done at point in time). Research of the order with the foreign language background is quite controversial. However, it has to reveal whether the formal instruction has the effects to the students in acquiring target language. In this study, the term ‘second’ is generally used to refer to any language other than first language, which is English. The teacher should understand the factors that determine whether instruction is successful or not. Because it has been a hard work to make the students acquire a language in classroom settings. A lot of previous studies have been done to investigate the orders both in foreign language or second language environment and there have been so many theories made. Therefore, the writer wants to investigate this area herself and reveal the orders of grammatical morphemes such as V-ing, plural (s/es), to be, irregular and regular verbs conducted by her own students grade X-B in SMA NEGERI 1 Tarakan. Thus, the writer uses the cross-sectional design accommodated with written elicitation task. To know the result of the order of the five grammatical morphemes performed by students grade X-B in SMA NEGERI 1 Tarakan in this research, the writer uses some steps as follow : 1. Sorting the data according to each grammatical morpheme, put it in each table and score the sentences based on the obligatory occasion analysis. 2. Analyzing the data by using the obligatory occasion analysis based on Dulay and Burt’s studies as a scoring technique and compute it by using group score method. Based on these steps, the findings revealed that plural (s/es) is on the first order with 95 % , while regular verbs lay on the second order with 87 %. Irregular verbs lay on the third order with 84 % . V-ing lays on the fourth order with 83 % and the last order is to be with 82 %.

Detail Informasi