Hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) Positif Terhadap Kepemimpinan Kelompok Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) Positif Terhadap Kepemimpinan Kelompok Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Malinau

Hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) Positif Terhadap Kepemimpinan Kelompok Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Malinau

Pengarang : Diana Novita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pemberian penguatan positif dalam penelitian ini diberikan untuk membantu meningkatkan sikap kepemimpinan kelompok siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan (reinforcement) positif terhadap kepemimpinan kelompok siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, populasi berjumlah 153 dari siswa kelas X dan sampel penelitian berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert pada skala pemberian penguatan (reinforcement) positif dan skala kepemimpinan kelompok siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial, dilakukan uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh tingkat kepemimpinan kelompok siswa termasuk kategori tinggi yaitu 47,3% dengan jumlah 26 siswa. Hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai (sig.) 0,193 > 0,05 dan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai (sig.) 0,158 > 0,05 dengan nilai Ttabel 2,005 > Thitung 1,432. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pemberian penguatan (reinforcement) positif terhadap kepemimpinan kelompok siswa.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kelompok Siswa, Pemberian Penguatan Positif

The provision of positive reinforcement in this study was to help improve student group leadership attitudes. The purpose of this study was to determine the relationship between giving positive reinforcement and student group leadership. This research used descriptive quantitative method. The population was 153 tenth grade students and the research sample was 55 students. The data were collected through survey on the positive reinforcement and the student group leadership. The collected data were analyzed using descriptive and inferential analyses, namely product moment correlation and simple linear regression. The results showed that the leadership level of the student group was categorized as high, with a total of 26 students (47.3%). The product moment correlation results showed a value of (sig.) 0.193 > 0.05 and the simple linear regression result showed a value of (sig.) 0.158 > 0.05 with a value of t-table 2.005 > t-count 1.432. it was concluded that there was no relationship between giving positive reinforcement and student group leadership. Keywords: Student Group Leadership, Giving Positive Reinforcement

Detail Informasi