
Manajemen Keuangan UMKM dengan Menggunakan Elektronik Wallet (E-wallet) (Studi Kasus pada Pengguna LinkAja di Kota Tarakan)
Pengarang : Rezi Juwita Anandasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran e-wallet terhadap manajemen keuangan pada pelaku UMKM di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data survey kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sensus dengan jumlah sampel sebanyak 95 UMKM pengguna e-wallet LinkAja di Kota Tarakan. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan memperhatikan nilai koefisien regresi, uji persial, uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pengguna e-wallet berpengaruh positif terhadap manajemen keuangan UMKM. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam bahan kajian pengembangan ilmu manajemen keuangan terkait pada penggunaan ewallet terhadap kinerja manajemen keuangan UMKM, serta dapat digunakan sebagai pendoman atau acuan oleh bagi pelaku usaha dalam meningkatkan nilai usahanya.
This study aimed to examine the role of e-wallet on financial management of UMKM actors in Tarakan City. This study used a descriptive quantitative approach with a questionnaire survey data collection method. Sampling was carried out using the census technique with a total sample of 95 UMKM users of the LinkAja e-wallet in Tarakan City. Furthermore, hypothesis testing was done using simple linear regression analysis by paying attention to the value of the regression coefficient, partial test, and simultaneous test. The results of the analysis showed that the e-wallet users had a positive effect on MSME financial management. This research was expected to provide benefits in the area of development of financial management science related to the use of e-wallet on the financial management performance of UMKM. In addition, it can be used as a guide ro reference by business actors in increasing the value pf their business.