Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Tri Utami - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Probing Prompting dan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Sample penelitian diambil dengan menggunakan teknik probability sampling (simple random sampling) yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian serta analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Adapun dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis, uji statistik yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemevahan matematika yang menggunakan model Probing Prompting dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan dengan thitung > ttabel yaitu 4,122 > 1,670 maka H0 ditolak. thitung berada pada daerah penerimaan H1 dan tolak H0 maka hipotesis H1 : µ1 > µ2 dapat diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Probing Prompting

This type of research was a quasi-experiment with a quantitative approach. The independent variable in this study was the Probing Prompting learning model and the dependent variable was the problem solving ability. The population in this study were all the 8th grade student at the SMP Negeri 9 Tarakan. The research sample was taken using probability sampling technique (simple random sampling) which was divided into two groups, namely class VIII-3 as the experimental group and class VIII-4 as the control group. The data were collected using descriptive tests. The collected data were analyzed using descriptive and inferential analyses. As for this study using hypothesis testing, the statistical test used was the independent sample t-test. The result showed that there was a significant difference in the ability of solving mathematics between group taught using the Probing Prompting model and those thaught using the conventional learning model, with t-count > t-table (4.122 > 1.670), meaning that the H0 was rejected. The t-count was in the acceptance area of H1 which meant to reject the H0,the hypothesis H1: ?1 > ?2 was accepted. So,it was concluded that there was an influence of the Probing Prompting learning model on the mathematics problem solving ability of the 8th grade students of the SMP Negeri 9 Tarakan. Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Probing Prompting

Detail Informasi