
Pengembangan Instrumen Praktikum Materi Struktur Sel Kelas XI SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Septiana Sari Dewi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen praktikum sebagai media pembelajaran Kelas XI SMA Negeri 3 Tarakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan ahli praktisi (guru biologi), serta mengetahui tanggapan siswa terhadap instrumen praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. ADDIE merupakan singkatan dari (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate). Instrmen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi dan lembar angket respons siswa. Sebelumnya, produk telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru biologi. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media dan guru biologi, kualitas media pembelajaran dinyatakan sangat layak digunakan. Ahli materi menilai instrumen praktikum dengan presentase 90% (Sangat Layak), ahli media menilai instrumen praktikum dengan presentase 92% (Sangat Layak), guru menilai instrumen praktikum dengan presentase 93% (Sangat Layak). Sedangkan respon siswa memperoleh penilaian dengan presentase 94% (Sangat Layak). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa instrumen praktikum sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI.
Based on the assessment of material experts, media experts, and practitioners (biology teachers), this study aimed to develop and determine the feasibility of practicum instruments as learning media for class XI SMA Negeri 3 Tarakan, as well as find out students’ responses to the developed practicum instruments. This is a development study based on the ADDIE development paradigm. The acronym ADDIE stands for (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate). The validation sheet and the student response questionnaire sheet were the instruments used in this investigation. Material experts, media experts, and practice experts have all already evaluated the product (biology teachers). The quality of learning media is said to be very suitable for usage, according to material experts, media experts, and practicing professionals (biology teachers). The material experts gave the practial intrument a 90% (Very Feasible) rating, while the media expert gave it a 92% rating (Very Feasible), the practical instrument received a 93% rating from the teacher (Very Feasible). Meanwhile, the student reaction received a 94% rating (Very Practical). As a result, the practicum instrument may be concluded to be a very viable and pracrical learning medium for students in class XI.