
Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Indah Setiya Utami - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Komunikasi interpersonal dapat dipandang sebagai komunikasi yang terjadi dalam suatu hubungan interpersonal. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun nonverbal, yang menggunakan pesan-pesan untuk mencapai kesamaan makna paling tidak antara dua orang dalam sebuah situasi yang memungkinkan adanya kesempatan yang sama bagi pembicara dan pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penjabaran Keterampilan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey deskriptif. Populasi sebanyak 241 siswa, penarikan sampel dengan menggunakan random sampling sebanyak 60 siswa kelas VIII. Instrument penelitian ini menggunakan skala keterampilan komunikasi interpersonal dengan skala likert, terdapat 25 item yang valid dari 50 item. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian skala bahwa keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan termasuk pada katagori tinggi terdapat 44 siswa dengan hasil persentase mencapai 73,4%. Sementara hasil penilaian perindikator, seluruhnya masuk kedalam kategori “Tinggi” dengan hasil persentase hampir mencapai 100%.
Kata Kunci: Keterampilan, Komunikasi, Interpersonal, Siswa
Interpersonal communication can be viewed as communication that occurs in an interpersonal relationship. Interpersonal communication is communication between people face-to-face, which allows each participant to capture the reactions of others directly, both verbally and non-verbally, using messages to achieve the same meaning between at least two people in a situation that allows for opportunities. the same for speakers and listeners. This study aims to determine the description of Interpersonal Communication Skills in Class VIII Students of SMP Negeri 6 Tarakan. This study uses a descriptive survey research type. The population as many as 241 students, sampling using random sampling as many as 60 students of class VIII. This research instrument uses a scale of interpersonal communication skills with a Likert scale, there are 25 valid items out of 50 items. The data analysis technique used descriptive analysis. Based on the results of research before and after giving the scale that interpersonal communication skills in class VIII SMP Negeri 6 Tarakan included in the high category there were 44 students with the percentage result reaching 73.4%. While the results of the indicator assessment, all of them fall into the "High" category with the percentage result almost reaching 100%. Keywords: Skills, Communication, Interpersonal, Students