Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring (Online) Siswa SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring (Online) Siswa SMP Negeri 4 Tarakan

Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring (Online) Siswa SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Liswiki Chandra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik secara umum maupun setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 4 Tarakan. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa uraian. Adapun pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan WhatsApp. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran daring tergolong kategori rendah dengan rata-rata sebesar 40.55. Untuk indikator memahami masalah tergolong kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 32.03 atau dengan nilai persentase 19.75%, indikator merencanakan penyelesaian tergolong kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 48.53 atau dengan nilai persentase 29.92%, indikator melaksanakan penyelesaian tergolong kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 69.27 atau dengan nilai persentase 42.70%, dan indikator memeriksa kembali tergolong kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 12.37 atau dengan nilai persentase 7.63%.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Daring

The research aimed to describe students’ mathematical problem-solving abilities, both in general and in each indicator of the mathematical problem-solving abilities in the ninth grade students of SMP Negeri 4 Tarakan by online learning. The type of the research was descriptive with a quantitative approach. The research was conducted on grade IX students in the odd semester of the 2020/2021 academic year at SMP Negeri 4 Tarakan. The data collecting method employed a test of mathematical problem solving abilities in the form of essay. The test of mathematical problem solving abilities was conducted online by using Zoom and WhatsApp applications. The sample in this research totaled to 118 students obtained by using the proportionate stratified random sampling technique. The results of this research indicated that the students’ mathematical problem solving ability in online learning was in the low level category with an average of 40.55. For the indicators of problem comprehension was categorized in a low level category with an average value of 32.03 or with a percentage value of 19.75%, the indicator of solution planning is categorized in a moderate category with an average value of 48.53 or with a percentage value of 29.92%, the indicator of executing solution was categorized in a moderate category with an average value of 69.27 or with a percentage value of 42.70% and the indicator of reviewing was classified as the low category with an average value of 12.37 or with a percentage value of 7.63%. Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Online Learning

Detail Informasi