Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMPN 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMPN 11 Tarakan

Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMPN 11 Tarakan

Pengarang : Lina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan komunikasi interpersonal siswa di SMPN 11 Tarakan. Penyesuaian diri adalah suatu proses yang mencakup respons mental dan tingkah laku, dimana individu berusaha agar bisa berhasil mengatasi kebutuhan, ketegangan, konflik yang dialaminya, sehingga terwujudnya tingkat keselarasan dan keharmonisan yang diharapkan oleh lingkungan. Sedangkan Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan secara akrab dan sangat mengenal antara orang-orang secara tatap muka yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung agar orang lain dapat memahami apa yang diinginkan dan disampaikan individu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 11 Tarakan sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen berupa skala likert, dan teknik analisis datanya menggunakan SPSS 23.00 for windows. Hasil penelitian hubungan penyesuaian diri dengan komunikasi interpersonal siswa di SMPN 11 Tarakan dari 54 sampel menunjukkan berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,815, hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,266 pada taraf signifikansi ? = 5% dengan N = 54 maka rhitung = 0,815>rtabel = 0,266, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan komunikasi interpersonal siswa di SMPN 11 Tarakan.

Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Komunikasi Interpersonal

The purpose of this study was to determine the relationship between adjustment and interpersonal communication of students at SMPN 11 Tarakan. Adaptation is a process that includes mental and behavioral responses, in which individuals try to be able to successfully overcome the needs, tensions, conflicts they experience, so that the level of harmony and harmony expected by the environment is realized. While Interpersonal Communication is communication that is done intimately and very well between people face-to-face which allows each participant to capture the reactions of others directly so that others can understand what the individual wants and conveys. This research uses quantitative research with a correlational approach. The population in this study were all students of class VIII at SMPN 11 Tarakan as many as 116 students. The sampling technique was carried out by probability sampling technique, the data collection technique used an instrument in the form of a Likert scale, and the data analysis technique used SPSS 23.00 for windows. The results of the study of the relationship between self-adjustment and interpersonal communication of students at SMPN 11 Tarakan from 54 samples showed that based on the calculation of the correlation coefficient, the coefficient value was 0.815, these results were compared with rtable = 0.266 at the significance level = 5% with N = 54 then rcount = 0.815> rtable = 0.266, so it can be concluded that there is a relationship between self-adjustment and interpersonal communication of students at SMPN 11 Tarakan. Keywords: Self-Adjustment, Interpersonal Communication

Detail Informasi