
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Welma Marni Tangke - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahahan masalah IPA (Biologi) berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dengan teknik wawancara informan. Data sekunder diperoleh dari instrumen tes pilihan ganda kemampuan berpikir kreatif dan instrumen tes essay kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis penelitian ini, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, sedang dan rendah adalah berbeda dan beragam. Dapat disimpulkan bahwa tidak semua peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi juga memiliki tingkat pemecahan masalah yang tinggi, begitu juga sebaliknya tidak semua peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah juga.
The purpose of the present research was to analyze the problem solving ability of Natural Science (Biology) based on the level of creative thinking ability of the eighth grade students of SMP Negeri 9 Tarakan. This type of research was a qualitative descriptive method. The data used in this research were primary data and secondary data. The primary data were obtained from multiple-choice test of creative thinking ability and essay test of problem solving ability of whom were high, medium, and low were different and varied. It can be concluded that not all students who had a high creative thinking ability would had a high level of problem solving, and vice versa, not all students who had a low creative thinking ability would had a low problem solving ability.