Analisis Sistem Antrian Loket Pendaftaran Di Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Sistem Antrian Loket Pendaftaran Di Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan

Analisis Sistem Antrian Loket Pendaftaran Di Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan

Pengarang : Hannisa Noerneni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model antrian yang diterapkan pada sistem pelayanan Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan serta mengetahui berapa rata-rata waktu menunggu seorang pasien untuk mendapatkan pelayanan di Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi literatur. Sistem antrian yang diterapkan pada Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan yaitu dengan menggunakan sistem antrian Multychannel Single Phase (M/M/S) yakni adanya dua fasilitas pelayanan yang dapat dilakukan pelayanan secara bersama pada saat yang sama dengan satu stasiun pelayanan. Displin antrian yang diterapkan First Come First Out Server (FCFS) dengan panjang antrian tidak terbatas (unlimited). Berdasarkan hasil perhitungan sistem antrian yang berlangsung untuk 3 karywan di loket pendaftaran pada Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan adalah probabilitas tidak ada pasien atau pelanggan 84%, jumlah pasien menunggu dalam antrian sebanyak 0 orang atau tidak adanya pasien yang menunggu, total waktu menunggu dalam antrian 2,88 menit. Serta dengan membandingkannya dengan standar pelayanan minimal (SPM), pelayanan kesehatan yang terjadi di Pukesmas Gunung Lingkas Tarakan kurang efektif, karena tingkat kesibukan menunggu yang rendah hal ini akan membuang biaya operasional puskesmas.

The purpose of this study was to determine the queuing model applied to the service system of the Gunung Lingkas Tarakan Community Health Center and to find out the average time waiting for a patient to get service at the Gunung Lingkas Tarakan Health Center. Data collection techniques used were observation, interviews, and literature studies. The queuing system applied at the Gunung Lingkas Tarakan Health Center is by using the Multychannel Single Phase (M / M / S) queuing system, namely the existence of two service facilities that can be served together at the same time with one service station. Queue discipline applied by First Come First Out Server (FCFS) with unlimited queue length. Based on the results of the queuing system calculation that took place for 3 employees at the registration counter at Gunung Lingkas Tarakan Health Center is the probability of no patients or customers 84%, the number of patients waiting in the queue as many as 0 people or no patients waiting, the total waiting time in queue 2,88 minutes. And by comparing it with the minimum service standards (SPM), health services that occur at the Pukesmas Gunung Lingkas Tarakan are less effective, because the low level of busyness this will throw away the operational costs of health centers.

Detail Informasi