
The Effect Of Self Esteem Toward English Achievement Of The Eight Grade Students At SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Andhini Prayatma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh yang signifikan pada self-esteem terhadap hasil prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Tarakan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode survey dan siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Tarakan sebagai populasinya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 186 siswa yang ditentukan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diambil 16-17 siswa setiap kelas nya dan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada sampel, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari penelitian menjunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari self-esteem terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa, dengan hasil yang menunjukan nilai rata-rata dari self esteem yaitu 78.45 sedangkan untuk rata-rata nilai hasil belajar bahasa inggris siswa yaitu 79.93 Bentuk umum persamaan regresinya ialah Y = 16.487 + 0.809 yang berarti nilai kontanta variabel hasil belajar Bahasa Inggris adalah 16.487 dan nilai konstanta self–esteem yaitu 0.809 yang dimana untuk setiap kenaikan satu pada self-esteem maka nilai prestasi belajar akan bertambah sebesar 0.809. Adapun hasil koefisien determinasi (R2) 0.088. Maka dapat disimpulkan bahwa 88% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh self-esteem.
The purpose of this study was to investigate a significant effect on self-esteem on English achievement of the eighth-grade students at SMP Negeri 1 Tarakan in the 2020/2021 academic year. This study used a survey method and the eighth-grade students at SMP Negeri 1 Tarakan were as the population. The number of samples in this study were 186 students who were determined by using the slovin formula with an error rate 5%. using a proportionate startified random sampling technique, 16-17 students were taken as samples for each class. the data were collected through a questionnaire, interview, and documentation. the collected data were analyzed using descriptive analysis and regression analysis. the results of the study showed that there was a significant effect of self-esteem on the students' English learning achievement, with the self-esteem mean score of 78.45 and the mean score of students' English achievement was 79.9. The general form of the equation for the regression was Y=16.487 + 0.809, meaning that the constant value of English learning achievement variable was 16.487 and the self-esteem constant value was 0.809, where for everyone increase in self-esteem, the learning achievement value increased by 0.809. The coefficient of determination (R2) was 0.088. So, it was concluded that 88% of students learning outcomes were affected by self-esteem.