
The Effect Of Information Gap Technique On Students’ Speaking Achievement At The Eighth Graders Of SMPN 11 Tarakan
Pengarang : Sakina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari keefektifan dalam penggunkan Teknik Information Gap untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi-Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Tarakan. Peneliti menggunakan Purposive sampling dalam menentukan sample. Siswa kelas VIII- C dan VIII-D terdiri dari 58 siswa adalah sample dalam penelitian ini.Instrument yang digunakan untuk mengambil data adalah tes speaking. Sebelum treatment, peneliti memberikan Pretest, setelah itu peneliti memberikan treatment, setelah diberikan treatment peneliti memberikan posttest. Skor rata-rata dari setiap tes di bandingkan untuk mengetahui peningkatan dalam skill berbicara siswa. Skor rata-rata pretest kelas ekperimen adalah 45.17 dan pada kelas control adalah 46.90. Rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen adalah 70.17 dan pada kelas control adalah 65.69. Terdapat peningkatan nilai rata-rata pada kelas ekperimen dimana nilainya lebih tinggi dari pada kelas Kontrol. Hasil dari Independent Sample T-test menunjukkan bahwa t-test (2.204) lebih tinggi dari pada t-table (1.673). dengan demikian dapat di simpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan tehnik information Gap dalam meningkatkan kemampuan berbicara membawa pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII di SMPN 11 Tarakan.
This study aimed to investigate the effectiveness of the use of information gap technique to improve the speaking skills of eighth grade students at SMP Negeri 11 Tarakan. The method used in this research was Quasi-Experiment. The population of this study were the 8th grade students of the SMPN 11 Tarakan. Samples were determined using a purposive sampling technique. The students of class VIII-C and VIII-D consisted of 58 students as a sample in this study. Data were collected using a speaking test. Before treatment the students were given a pretest and after treatment, they were given the posttest. The mean scores of each test were compared to determine the improvement in students' speaking skills. The pretest mean score for the experimental class was 45.17 and the control class was 46.90. The posttest mean score in the experimental class was 70.17 and, in the control, class was 65.69. There was an increase of the mean score, where the score of experimental class was higher than that of the control class. The results of the Independent Sample t-test showed that the t-test (2.204) was higher than the t-table (1,673). Thus, it was concluded that the Ha was accepted and the Ho was rejected. It meant that the use of the information gap technique was effective in improving speaking skills of the 8th grade students at the SMPN 11 Tarakan.