Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Pada Pembayaran Non-Tunai (Internet Banking) Bank Konvensional Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Pada Pembayaran Non-Tunai (Internet Banking) Bank Konvensional Di Kota Tarakan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Pada Pembayaran Non-Tunai (Internet Banking) Bank Konvensional Di Kota Tarakan

Pengarang : Fadila Adriyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada perkembangan teknologi pada sistem pembayaran yang menggantikan penggunaan uang tunai sebagai media pertukaran ke dalam sistem non-tunai. Sistem non-tunai dilakukan untuk mengaktualisasikan Gerakan Nasional Non-tunai yang dibuat oleh pemerintah. Namun, bukan hal mudah bagi pemerintah karena berdasarkan laporan keuangan regional daerah Kalimantan Utara tahun 2017 pembayaran non-tunai mengalami penurunan. Konsumen mungkin memiliki persepsi yang buruk terhadap hal itu. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen pada pembayaran non-tunai (internet banking) bank konvensional di Kota Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manfaat, kemudahan penggunaan, selfefficacy, kepercayaan, dan keamanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan sampel 100 responden sebagai data sampel. Data penelitian berasal dari kuesioner yang dibuat dengan skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel manfaat dan keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen pada pembayaran non-tunai (internet banking), sedangkan tiga variabel lainnya yaitu kemudahan penggunaa, self-efficacy, dan kepercayaan ditemukan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen pada pembayaran non-tunai (internet banking). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat di Kota Tarakan lebih memperhatikan manfaat dan keamanan ketika akan menggunakan sistem pembayaran non-tunai.

The research is based on technological developments on payment systems that replace the use of cash as a medium of exchange into a non-cash system. The non-cash system was undertaken to actualize the national Non-cash movement made by the Government. However, it is not easy for the government because based on the regional financial report of North Kalimantan in 2017 non-cash payments are decreasing. The consumer may have a poor perception of it. Therefore, this research was made to know the factors that affect consumer perception on the non-cash payments (internet banking) of conventional banks in the city of Tarakan. This type of research uses descriptive research. The variables used in this study were benefits, ease of use, self-efficacy, trust, and security. Sampling techniques use non probability sampling by purposive sampling method with samples of 100 respondents as sample data. Research Data comes from questionnaires made with Likert scales and analyzed using multiple linear regression. The results concluded that the benefits and security variables had a positive and significant influence on consumer perception of non-cash (internet banking) payments, while the other three were ease of use, Self-efficacy, and trust found has no positive and significant influence on consumer perception on noncash payments (internet banking). This indicates that the community in Tarakan City pays more attention to benefits and security when using a non-cash payment system.

Detail Informasi