
Improving The Students’ Achievement On Reading Comprehension Through Survey, Question, Read, Rewrite, Recite And Review (SQ4R) At Eighth Grade Students Of SMPN 8 Tarakan
Pengarang : Emildah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pemahaman membaca melalui metode SQ4R. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 8 Tarakan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 39 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September 2013. Di dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian sebanyak dua siklus dari penelitian tindakan. Kemudian, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama tindakan, siswa sudah menunjukkan peningkatan pemahaman membaca mereka. Hasil dari tindakan menunjukkan bahwa setelah peneliti melakukan tindakan, prestasi siswa dalam pemahaman membaca meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada hasil tes mereka. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini didasarkan pada criteria ketuntasan minimum sekolah yang sudah ditentukan, yaitu 70 dan penelitian ini berhasil apabila didalam kelas ada 75% siswa yang lulus dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama ditemukan bahwa ada 7 siswa yang berhasil atau 18% dan meningkat sampai 81% atau 30 siswa yang telah berhasil didalam tes pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa dalam memahami teks melalui metode SQ4R meningkat.
The objective of this research was to improve students’ achievement on reading comprehension through SQ4R method. Related to the purpose of the research, the research method which used in this study was class action research. The subject of the research was students of class VIII-4 of SMPN 8 Tarakan academic year 2013/2014 consisting of 39 students. The action research was conducted from August to September 2013. In this research the researcher was as the observer. The researcher conducted two cycles of action research. Then, based on the result of observation, it was found that during the study, the students have showed their improvement. The result of the study showed that after the research was conducted, the students’ achievement on reading comprehension could be improve as shown in the result of their test result. The criteria of success of this research depend on the minimum score of the school that have been determined. It was 70 and the research would be successful if in the class there were 75% of students have passed minimum score. Based on the test in the first cycle, it was found that 7 students succeeded or 18% and improved to 81% or 30 students succeeded in the second cycle test. Therefore, it can be concluded that students’ achievement on reading comprehension can be improved through SQ4R method.