
Improving The Students’ Achievement In Vocabulary Mastery Using Words Puzzle At Grade VIII SMP Negeri 2 Tarakan Academic Year 2013/2014
Pengarang : Damaisah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Kosakata adalah salah satu komponen bahasa. Melalui kosakata, siswa dapat mengembangkan keterampilan Bahasa Inggis mereka. Ada banyak cara dalam meningkatkan penguasaan kosa kata, dalam penelitian ini peneliti menggunakan words puzzle dalam mengajar kosa kata untuk siswa kelas VIII. Tujuan penelitian in adalah meningkatkan prestasi siswa dalam penguasaan kosa kata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Agustus sampai bulan September 2013. Di dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer. Peneliti melakukan 2 siklus dari penelitian tindakan. Hasil dari tindakan menunjukkan bahwa setelah peneliti melakukan tindakan, prestasi siswa dalam penguasaan kosakata dapat meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada hasil tes mereka di siklus kedua. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini tergantung pada KKM sekolah yang sudah ditentukan, yaitu 75 dan penelitian ini berhasil apabila didalam kelas ada 70% siswa sudah lulus dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama ditemukan bahwa ada 13 siswa yang berhasil atau 37% dari 70% kriteria kelulusan dan meningkat sampai 83% atau 29 siswa telah berhasil didalam tes pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa dalam penguasaan kosakata meningkat dengan menggunakan words puzzle.
Vocabulary is one of language components. Through vocabulary, students can develop their English skill. There are many ways to improve vocabulary mastery, in this research the researcher used words puzzle in teaching vocabulary for grade VIII. The purpose of this research was to improve the students’ achievement in vocabulary mastery at SMP Negeri 2 Tarakan. The researcher used classroom action research. The subject of the research was the students of class VIII-5 SMP Negeri 2 Tarakan in the academic year of 2013/2014 consisting of 35 students. The action research was conducted from August to September 2013. In this research, the researcher was as the observer and the teacher collaborator was as the teacher. The researcher conducted two cycles of action. The result of the action showed that after the researcher conducted the action, the students’ achievement in vocabulary mastery improved as shown in test result. The criteria of success of this research depends on the minimum score of the school that have been determined, it was 75 and the research would be success if in the class there were 70% of students have passed learning. Based on the test in the first cycle was found that 13 students succeeded or 37% from 70% criteria of success and improving to 83% or 29 students succeeded in the test in the second cycle. So, it can be concluded that students’ achievement in vocabulary mastery can be improved by using words puzzle.