Pengembangan Media Pembelajaran Kartu U-Math untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Kartu U-Math untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu U-Math untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Tarakan

Pengarang : Nur Rahmi Budiarti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kartu u-math yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitiannya adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli bahasa dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi, lembar respon siswa dan angket motivasi belajar matematika siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu u-math yang dikembangkan berdasarkan ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 3,71 dengan kriteria “Layak”, ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,07 dengan kriteria “Layak” dan ahli bahasa memperoleh rerata skor sebesar 4,33 dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil penelitian uji coba perorangan memperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 4,15 dengan kriteria “Layak”, uji coba kelompok kecil memperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 4,06 dengan kriteria “Layak” dan uji coba lapangan memperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 4,09 dengan kriteria “Layak”. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran kartu u-math dengan nilai gain score diperoleh peningkatan sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Sehingga media pembelajaran kartu u-math dapat dikatakan layak untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Kartu U-Math, Motivasi Belajar

This study aims to produce a suitable u-math card learning media to increase the motivation to learn mathematics of seventh grade students of SMP Negeri 3 Tarakan on the rectangular shape material. This research was conducted in the odd semester of the 2020/2021 school year at SMP Negeri 3 Tarakan. The type of research used in this research is research and development with a 4D development model. The research subjects were one material expert, one instructional media expert, one linguist and grade VIII students at SMP Negeri 3 Tarakan. The data was collected using validation sheets, student response sheets and student mathematics learning motivation questionnaires. The results of the analysis show that the u-math card learning media developed based on the material expert obtained a mean score of 3,71 with the criteria of “Feasible”, the media expert obtained an average score of 4,07 with the criteria “Feasible” and the linguist obtained a mean score of 4,33 with the criteria “Very Feasible”. Whereas the results of the individual trial research obtained an overall mean score of 4,15 with the criteria “Feasible”, small group trials obtained an overall mean score of 4,06 with the criteria “Feasible” and field trials obtained a mean overall score of 4,09 with criteria "Feasible". Based on the analysis of the increase in student’s motivation to learn mathematics before and after using the u-math card learning media with a gain score, an increase of 0,32 was obtained in the moderate category. So that the u-math card learning media can be said to be feasible to increase the motivation to learn mathematics of grade VII students of SMP Negeri 3 Tarakan. Keywords: U-Math Card Learning Media, Learning Motivation

Detail Informasi