Survei Kesulitan Belajar Siswa Teknik Mesin SMK Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survei Kesulitan Belajar Siswa Teknik Mesin SMK Negeri 2 Tarakan

Survei Kesulitan Belajar Siswa Teknik Mesin SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Nur Ika Riantika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa teknik mesin di SMK Negeri 2 Tarakan. Kesulitan belajar juga memiliki dampak yang luas terhadap perkembangan dan pembentukan pribadi individu. Individu yang mengalami hambatan dan kesulitan belajar berarti terhambat pula perkembangan pertumbuhan pribadinya maupun perkembangan sosialnya, hal ini menyangkut pengertian belajar yang luas. Di samping itu kesulitan dalam belajar dapat mempengaruhi tercapainya hasil belajar dalam hal pengetahuan, informasi dan keterampilan yang diperlukan. Populasi yang digunakan adalah keseluruhan siswa Teknik Mesin SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 65 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket dengan menganalisis data menggunakan analisis statistik deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesulitan Belajar Siswa berada pada tingkat interval 172 -186 dengan persentase 47,9%, hal ini menunjukan bahwa tingkat kesulitannya dapat dikategorikan dengan sesuai atau tinggi.

Kata Kunci: Kesulitan, Belajar, Siswa

This study aimed to determine the learning difficulties of mechanical engineering students at SMK Negeri 2 Tarakan. Learning difficulties had a far-reaching impact on the development and personal formation of individuals. Individuals who experienced learning barriers and difficulties meant that their personal growth and social development are also hampered, involving a broad understanding of learning. In addition, difficulties in learning could affect the achievement of learning outcomes in terms of the knowledge, information and skills required. The population in this study were all of the mechanical engineering students of SMK Negeri 2 Tarakan in the 2020-2021 academic year, totaling 65 students. The technique used in data collection was a questionnaire. The collected data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results showed that the students learning difficulties were at the 172-186 interval level with a percentage of 47.9%. This indicated that the level of difficulty could be categorized as high. Keywords: Difficulty, Learning, Students

Detail Informasi