
Improving The Students’ Speaking Skill Through Games Tecniques At Class VIII-3 Of SMPN 9 Tarakan
Pengarang : Christina BT Markus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Bahasa inggris adalah Bahasa yang sangat penting didalam segala segi khusunya didalam dunia pendidikan. Ada empat keterampilan yang biasa diajarkan dalam pelajaran Bahasa inggris yaitu berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Dari keempat skill ini mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengajarkannya. Dalam realita dibeberapa sekolah siswa masih sangat kesulitan didalam berbahasa inggris khususnya yang menyangkut dengan speaking. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kempampuan berbicara dalam Bahasa inggris siswa di SMPN 9 Tarakan dengan cara atau teknik belajar menggunakan Games yang mana bisa membantu siswa dalam mengekspersikan ide-ide mereka, walaupun hanya dalam percakapan yang serdehana. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, Siklus pertama dan siklus kedua yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Tarakan yang berjumlah 40 orang. Tehnik pengumpulan data melalui teknik games (lembar observasi guru dan siswa). Hasil penelitian ini di analisis menggunakan kriteria yang ditetapkan. Hasil belajar siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Tarakan tahun pembelajaran 2013 dilihat dari hasil tes yang mengalami peningkatan yaitu dari siklus1 (pertama) sebanyak 46% dab siklus II (kedua) 82%. Berdasarkan hasil obesrvasi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menunjukkan yang menggunakan games dapat meningkatkan prestasi siswa pada keterampilan berbicara. Hal itu terjadi berdasarkan penelitian ada perbaikan pada kemampuan berbicara siswa melalui teknik games dalam siklus satu ke siklus dua. Dalam siklus satu hanya ada 53% siswa yang berhasil tetapi meningkat menjadi 77% siswa pada tingkat keberhasilan di siklus dua.
English is important in some aspects especially in education. English has four skill; speaking, listening, writing, and reading. From the four skill has difference how to teach it, in reality teaching in several school has difference problem but generally some of the student hard to speak in English. The objective of the study was to improve the students? speaking skill through games technique at class VIII-3 of SMP Negeri 9 Tarakan , the technique that can help them in English especially speaking skill. Learn by games help the student to express their idea, even though in short conversation or simple conversation, beside that they can take the new information when they learn by using games. This research used a classroom action research (CAR) with two cycles, the first cycle and the second cycle was executed in four meetings. The subject was the students in class VIII - 3 SMP Tarakan 9 of 35 people. The data were collected using (teacher and student observation sheets and speaking test). The results of this study were analyzed using descriptive statistics. The speaking skill of the eighth grade students of SMP Negeri 9 Tarakan seen from the test results that an increase of as much as 46 % cycle 1 and cycle II 82 %. Based on the observation result, it can be concluded that the present research has shown which using games can improve the students? achievement on speaking skill. It happened because based on the findings of the research there was an improvement on the students? speaking through games technique in cycle one to cycle two. In cycle one there were only 53% students on the succeeded level, but it improved to 77% students on the succeeded level in cycle two.