
Improving The Students’ Reading Comprehension On Recount Text Through Jigsaw Technique At Class VIII-C Of SMP Mulawarman Tarakan Academic Year 2013/2014
Pengarang : Novia Indriyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada recount text melalui teknik jigsaw di kelas VIII C SMP Mulawarman Tarakan Tahun Ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Mulawarman Tarakan Tahun Akademik 2013/2014 jumlah siswa sebanyak 30. Instrumen yang digunakan yaitu lembar obervasi guru, lembar observasi siswa dan tes pemahaman membaca. Hasil tes menulis siswa pada siklus pertama ada 8 atau 27% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal kemudiaan pada siklus kedua meningkat menjadi 26 atau 86% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hasil dari pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik. Jigsaw teknik mempengaruhi antusias kepercayaan diri siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jigsaaw teknik efektif dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks recount dalam proses pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi