
Survey Stres Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Syahriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran stres belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Tarakan. Stres belajar merupakan suatu bentuk respon fisik dan psikis akibat ketidakmampuan siswa dalam menjalankan tuntutan atau tugas belajar yang melebihi dari kemampuannya yang dinilai sebagai tekanan sehingga mengalami gangguan belajar dan mempengaruhi prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode survey serta pengumpulan data melalui skala. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 288 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan “Survey Stres Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 4 Tarakan” bahwa secara keseluruhan terlihat dari hasil analisis yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 148 responden dengan presentase sebesar 51,4%. Dapat disimpulkan bahwa hasil pesentase terlihat pada kategori rendah yang berarti siswa tidak mengalami stres dalam belajarnya. Terlihat dari beberapa indikator yang mengalami tingkat rendahnya dalam stres belajar yaitu dari indikator fisik, emosional, intelektual dan interpersonal.
Kata Kunci: Stres Belajar, Pandemi Covid-19
This study aimed to describe student learning stress during the Covid-19 pandemic at SMP Negeri 4 Tarakan. Learning stress is a from of physical and psychological response due to learnes’ inability to carry out demands or learning tasks that exceed their abilities which are assessed as pressure so that they experience learning disorder and affect their learning achievement. This quantitative research used a descriptive approach with survery methods and data collection was done through a scale. The sampling was carried out by using random sampling technique with a total sample size of 288. The resullts showed that, as a whole, the learning stress was in the low category as indicated by 148 respondents (51.4%). It was concluded that the students did not experience stress in their studies. It could be seen from several indicators such as physical, emotional, inteleectual and interpersonal. Keywords: Learning Stress, Covid-19 Pandemic