
Peran Kepemilikan Institusional Dalam Memoderasi Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan High Profile Yang Terdaftar Di Busa Efek Indonesia)
Pengarang : Siti Rahmatan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemilikan institusional dalam memoderasi pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan metode purposive sampling sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan sehingga diperoleh data sebanyak 60 observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji asumsi klasik dan uji regresi moderasi dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, firm size berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional tidak memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional tidak memoderasi pengaruh firm size terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional memoderasi pengaruh CSR yang memperkuat hubungan terhadap nilai perusahaan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam meningkatkan nilai perusahaan dengan cara meningkatkan firm size dan penerapan CSR yang didorong oleh kepemilikan institusional.
This study aimed to determine the role institutional ownership in moderating the influence of company characteristics and corporate social responsibility on firm value in high profile companies listen on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period. The sample were selected using a purposive sampling method. Based on this method, it was selected 12 companies in order to data for 60 observaction. This study used classical assumption tes analysis toohniquos and moderation regression test with SPSS version 25 application. The results of this study indicated that leverage had no effect on firm value, firm size had a positive effect on firm value, and CSR had no effect on firm value, firm size had a positive effect on firm value, and CSR had no effect on firm value, institusional ownership moderated the effect of CSR which strengthened the relationship to firm value. The implication of this research is that the strategy to increase firm value was by increasing the firm size and implementing CSR which was driven by instituional ownersip