Improving Students’ Achievement In Writing Analitycal Exposition Text Through STAD At Eleventh Grade Of SMAK Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving Students’ Achievement In Writing Analitycal Exposition Text Through STAD At Eleventh Grade Of SMAK Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013/2014

Improving Students’ Achievement In Writing Analitycal Exposition Text Through STAD At Eleventh Grade Of SMAK Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013/2014

Pengarang : Agustinus Nai Aki - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rancangan Penelitian dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pencapaian siswa khususnya siswa kelas XI dari Program IPA dalam menulis teks analitikal eksposisi melalui STAD pada Tahun Ajaran 2013 / 2014. Penelitian ini dilaksanakan dari 14 November sampai dengan 05 Desember 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengunakan Penelitian Tindakan Kelas melalui tahap perencanaan, tindakan dan pelaksanaan, observasi dan refleski. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus satu presentasi ketuntatsan adalah 44,44% dan siklus dua adalah 78,74%. Rata – rata skor siswa pada siklus satu adalah 74,96 dan siklus dua adalah 78.74. Hal ini mengindikasikan bahwa para siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum dan presentase ketuntasan dalam penelitian ini. Hal ini juga menunjukkan bahwa motivasi siswa meningkat dan membanggakan melalui penggunaan model STAD. Dengan merefleksikan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan pencapaian siswa dalam menulis teks analitikal eksposisi pada kelas XI IPA SMAK Frater Don Bosco Tarakan Tahun Akademik 2013 / 2014.



The research design of this research was Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ achievement in writing analytical exposition text through STAD at eleventh grade of SMAK Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013 / 2014. The research was conducted from 14 November to 05 December 2013 in the first semester academic year 2013/2014. This research was done through the steps of CAR such as planning, acting and implementing, observing and reflecting. Based on the result of study in cycle one, number of percentage of success was 44.44% and cycle two was 78.74%. The average of students score in cycle one was 74.96 and the second cycle was 78.74. It indicates that students could achieve the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using STAD Model. By reflecting on the result of the study, it can be concluded that the Cooperative Learning Type STAD can improve the students’ achievement in writing analytical exposition text at eleventh grade of SMAK Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013 / 2014.

Detail Informasi