
A Proposed Instructional Material Of Writing For Second Grade Students At SMA Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Hendrikus Paji - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar bahasa Inggris kelas 2 SMA Frater DonBosco Tarakan berdasarkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Total siswa yang diminta untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam kuisioner adalah 25 orang siswa. Kemudian, seorang guru bahasa inggris diwawancarai oleh peneliti untuk memperoleh informasi yang dibutukan sebagai dasar dalam pengajuan materi ajar bahasa inggris. Tahap perancangan materi ajar terdiri dari; melakuakan tinjauan kebutuhan, mengunakan model pengembangan materi ajar, membuat gari besaran materi ajar, membuat aspek – aspek yang termasuk dalam materi ajar, validasi ahli, evaluasi dan revisi, dan uji coba perancangan materi ajar. Aspek-aspek perancangan materi ajar mencakup (1) unit; (2) indicator; (3) tujuan pembelajaran ; (4) topic; (5) system penilaian; dan (6) sumber materi. Dalam membuat perancangan materi ajar bahasa inggris, seharusnya divalidasi oleh para ahli bahasa dan isi materi tersebut terlebih dahulu untuk melihat apakah materi ajar tersebut sudah sesuai untuk siswa kelas 2 SMA dari segi bahasa dan isi. Setelah melakukan evaluasi dan revisi berdasarkan validasi ahli, product penelitian ini dilanjutkan dengan melakukan uji coba kepada siswa untuk melihat keefektifan siswa selama proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan metode penelitian, tujuan dan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris yang dikembangkan bisa dilihat pada hasil kuesioner dan wawancara. Keterampilan tersebut mencakup menyimak percakapan, melakukan diskusi dan presentasi, menjawab pertanyaan sesuai dengan teks atau dialog, dan menulis kalimat lengkap sesuai dengan pola kalimat yang benar. Metode pembelajaran yang di terapkan adalah menulis dan menjawab pertanyaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah materi writing telah didesain khusus untuk kelas 2 SMA Frater DonBosco Tarakan dilengkapi dengan materi tes sesuai dengan tingkat siswa untuk menarik dan memotivasi mereka dalam mempelajari perancangan materi ajar writing ini.
The objective of this study was to propose instructional material writing for second grade students at SMA Frater DonBosco Tarakan based on the needs and characteristics of students. The research design in this research was Research and Development (R&D) design. The number of students who were asked to answer the questionnaire was 25 students. Then, an English language teacher was interviewed by the researcher to acquire the information that was needed as a base in proposing instructional material. There were some stages in designing the production of instructional material. They were need survey, instructional material development, production of instructional material outline, production of instructional material aspects, experts validation, evaluation and revision, and try out of the proposed instructional material. The aspects of proposed instructional material consisted of (1) unit; (2) indicator; (3) instructional objectives; (4) topic; (assessment system); and the sources of material. In proposing this instructional material writing, it should be validated by the experts to check whether the language used and the contents were suitable for the second grade students. Evaluation and revision based on the experts and then, this product was conducted to be tried out to check the effectiveness of teaching and learning process in the classroom. Based on the research method, the proposes and activities in learning English writings were related to skills have to be developed that showed by the result of questionnaire and interview. The activities of writing covers answers, write a complete sentence with the suitable pattern of sentence. The teaching methods that have to be implemented were having group discussion and answer the question. The result of this study was a set of writing instructional material that had designed special for the second grade students of SMA Frater Don Bosco Tarakan which have more pictures were involved that related to the students level to make them interest and have motivation in learning this writings instructional material.