
Improving Students’ Achievement On Writing Skill In Making Simple Present Tense Sentence By Using Picture Media At Fifth Grade Students Of SD Al-Hilal Tarakan
Pengarang : Nia Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan prestasi siswa dalam membuat kalimat simple present tense melalui media gambar. Sesuai dengan tujuan dari penelitian, maka metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Al-Hilal Tarakan yang terdiri dari 18 siswa sebagai sampelnya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Februari 2014. Di dalam penelitian ini peneliti sebagai guru yang mengajarkan keterampilan menulis yang berhubungan dengan simple present tense dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil observasi, siswa sudah menunjukkan peningkatan mereka. Peneliti menggunakan 2 siklus dari penelitian tindakan. Hasil dari tindakan menunjukkan bahwa setelah peneliti melakukan tindakan, prestasi siswa dalam membuat kalimat simple present tense dapat meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada hasil observasi yang kedua pada aktifitas siswa selama tindakan dan hasil tes mereka. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini tergantung pada KKM disekolah yang sudah ditentukan, yaitu 65 dan penelitian ini berhasil apabila di dalam kelas ada 80% siswa sudah lulus dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tes tulis pada siklus pertama ditemukan bahawa ada 11 siswa berhasil atau 63% dari 80% dari criteria kelulusan dan meningkat sampai 83% atau 15 siswa telah berhasil didalam tes tulis pada siklus kedua. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa gambar dapat meningkatkan prestasi keterampilan menulis siswa dalam membuat kalimat simple present tense.
The objective of this research was to improve students’ achievement in making simple present tense sentence by using picture media. Related to the purpose of the research, the research method which used in this study was class action research. The subject of the study was the fifth grade students of SD Al-Hilal Tarakan consisting of 18 students. The action research was conducted from January to February 2014. In this research, the researcher as a teacher taught writing skill related to simple present tense sentence by using picture media. Based on the result of observation, the students shown their improvement. The researcher conducted two cycles of the action. The result of the action showed that after the researcher conducted the actions, the students’ achievement in making simple present tense can improve as shown in the second of result observation on the students’ activity during the actions and their score. The criteria of success of this research depends on the minimum pass criterion of school that have been determined, it was 65 and the research would be success if in the class was reach 80%. Based on the written test result, the first cycle found 11 students was succeeded or 61% from 80% of criteria of success and improving to 83% or 15 students succeeded in the written test result in the second cycle. So, it can be concluded picture can improve students’ achievement on writing skill in making simple present tense sentence.