
Need Analysis In Learning English For Seventh Grade Students Of Junior High School In Kecamatan Tarakan Utara 2014
Pengarang : Nanda Riris Respati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis kebutuhan belajar bahasa Inggris untuk siswa kelas tujuh SMP di Kecamatan Tarakan Utara. SMP Negeri 6 Tarakan dan SMP Negeri 9 Tarakan adalah sekolah yang terletak di Kecamatan tarakan Utara dan menjadi sample dari penelitian ini. Analisis kebutuhan merupakan suatu tahapan yang penting dilakukan sebelum proses kegiatan belajar mengajar. Dari kegiatan analisis kebutuhan, guru akan dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan saatr kegiatan belajar mengajar. Peneliti mengimplementasikan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner, wawancara dengan guru bahasa inggris, dan observasi kegiatan belajar mengajar serta observasi sarana pembelajaran. Siswa yang menjadi responden dalam menjawab kuisioner sebanyak 172 orang. Ada 2 guru bahasa Inggris kelas 7 yang menjadi responden wawancara dalam penelitian ini. Dalam tahap analisis kebututuhan, siswa diminta untuk mengisi lembar kuisioner, melakukan wawancara dengan guru bahasa inggris kelas 7, observasi kegiatan belajar mengajar dan observasi sarana belajar yang dimiliki oleh sekolah. Adapun, validasi ahli diperoleh dari lembar validasi yang di isi oleh ahli. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini terbagi menjadi beberasa indokator dan sub indikator yang meliputi: (1) tujuan pembelajaran; (2) Motivasi; (3) Harapan; (4) materi Pembelajaran; (5) topik belajar; (6) kegiatan pembelajaran; (7) evaluasi; (8) metode pembelajaran; (9) media pembelajaran. Kesembilan indikator ini dimasukkan dalam instrument penelitian yang telah divalidasi oleh ahli.. Berdasarkan hasil validasi dari ahli, instrument penelitian sudah tersusun baik dan sesuai untuk digunakan pada kelas 7 SMP di kecamatan Tarakan Utara. Hasil dari penelitian ini adalah laporan kebutuhan belajar bahasa Inggris siswa Kelas 7 SMP di kecamatan Tarakan Utara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru sebagai acuan dalam menyusun kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dan mengembangkan materi instruksional bagi siswa kelas 7 SMP di kecamatan Tarakan Utara.
The study was conducted with the aim to analyze the students need in learning English for seventh grade students of Junior High School in Kecamatan Tarakan Utara. SMP Negeri 6 Tarakan and SMP Negeri 9 Tarakan are the Junior High School that is located in Kecamatan Tarakan Utara and be the samples of this research. Needs analysis is the important step before conducting teaching learning process. From needs analysis, teachers will be able to know what are the students’ needs in teaching and learning activities . The researcher implemented descriptive design with quantitative approach. The information was needed to conduct this research were obtained from questionnaires, interview with English teacher, learning activities observation and school facilities observation. The numbers of students who were asked to answer the questionnaire were 172 students. There are two English teacher of seventh grade who be interviewees of this research. While, the expert judgments were gained from validation sheet which submitted from the expert. The aspects of need analysis that included in this research consisted of; (1) learning goals ; (2) motivation ; (3) learning expectation; (4) learning materials; (5) learning topics; (6) the learning activities ; (7) evaluation ; ( 8 ) learning method ; and (9) learning media . The nine indicators are included in the research instrument that has been validated by the expert. Based on the results of the validation of expert, the instruments have been arranged well and suitable for use in the seventh grade junior high school in Kecamatan Tarakan Utara . The result of this research is a report of seventh grade students’ needs in learning English at Junior High School in Kecamatan Tarakan Utara. The results of this research are expected to help the teacher as a reference to develop the English learning activities and develop instructional materials for seventh grade students of Junior High School in Kecamatan Tarakan Utara .