
Improving Students’ Ability In Reading Comprehension Through Reciprocal Method At Eighth Grade Of SMP N 4 Tarakan
Pengarang : Iswandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca melalui metode resiprokal. Sesuai dengan tujuan dari penelitian, maka metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Tarakan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan November 2013. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai pengamat yang mengamati guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar, dan guru sebagai pengajar yang mengajar di kelas. Berdasarkan hasil observasi, data yang ditemukan selama penelitian, siswa sudah menunjukkan peningkatannya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami bacaan dapat meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada siklus pertama dan kedua selama penelitian dan hasil tes mereka. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini mengikuti KKM disekolah yang sudah ditentukan, yaitu 75 dan penelitian ini berhasil apabila didalam kelas ada 75% siswa yang lulus dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tes tertulis berbentuk pilihan ganda pada siklus pertama ditemukan ada 20 siswa berhasil atau 56% dari 75% kriteria keberhasilan serta berdasarkan pengamatan keaktifan siswa pada pertemuan pertama adalah 67% dan pada pertemuan kedua adalah 69%, dan hasil tes meningkat pada siklus kedua hingga 86% atau 31 siswa berhasil dalam tes tertulis berbentuk pilihan ganda serta keaktifan siswa pada siklus kedua meningkat pada pertemuan pertama adalah 75% dan pada pertemuan kedua adalah 77%. Sehingga, peneliti dapat menyimpulkan bahwa prestasi siswa dalam pemahaman membaca melalui metode resiprokal meningkat.
The objective of this research was to improve students’ ability in reading comprehension through reciprocal method. Related to the purpose of the research, the research method which was used in this study was class action research. The subject of the research was the students of class VIII-3 of SMPN 4 Tarakan academic year 2013/2014 which consisted of 36 students. The research was conducted on July until November 2013. In this research, the researcher as an observer who observed the teacher and students during teaching and learning process, the teacher was as an teacher who thaught the class. Based on the result of observation, the data was found during the research, the students have shown improvement. The researcher conducted two cycles of action. The result of the research obtained that the students’ ability in reading comprehension improve as shown in the result of the first and second cycle during the researchs and their result test. The criteria of success of this research followed on the minimum score of school that have been determined, it was 75 and the research would be success if in the class there are 75% of students have passed in learning. Based on the result of the written test multiple choice, in the first cycle, it was found that 20 studentssuccessed or 56% from 75% criteria of success and based on observation students’ activeness on the first meeting was 67% and on the second meeting was 69%, and the result test improving on the second cycle to 86% or 31 students successed in the written test multiple choice and students’ activeness on the second cycle improving on the first meeting was 75% and on the second meeting was 77%. So, researcher can conclude that students’ ability in reading comprehension through reciprocal method can be improved.