
The Effectiveness Of Mind Mapping Technique To Maintain Long Term Memory In Reading Descriptive Text At Eighth Grade Students Of SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Tazkiya Nafsi Tsaqiela - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keefektifitasan teknik peta pemikiran untuk mempertahankan memori jangka panjang dalam membaca teks deskriptif di siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Tarakan dan memberikan data seberapa banyak informasi dapat dipertahankan melalui teknik peta pemikiran. Jenis penelitian ini adalah pre-eskperimental. Penelitian ini menggunakan design perbandingan statik dengan hanya post test. Terdapat dua kelas sebagai sampel penelitian ini. Kelas eksperimen menggunakan teknik peta pemikiran dan kelas kontrol menggunakan pengajaran konfensional. Tes dilaksanakan dalam hari yang berbeda. Tes dilaksanakan di hari yang sama setelah perlakuan, 2 hari berikutnya setelah perlakuan selesai dan 7 hari berikutnya setelah perlakuan. Data di analisis menggunakan Uji T Sampel Independen dengan SPSS 16.0. Hasil dari uji T menunjukkan bahwa nilai uji T di hari yang sama setelah perlakuan selesai lebih tinggi t-table (4.819 > 1.686). Nilai uji T pada 2 hari selanjutnya setelah perlakuan selesai lebih tinggi dibandingkan dengan t-table (2.697 > 1.686). Nilai uji T pada satu minggu setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan t-table (3.085 > 1.686). Disimpulkan nilai grup kontrol berbeda signifikan dari grup eksperimen. Hasil berdasarkan nilai rata-rata, grup eksperimen dapat menyimpan 95% informasi dari teks pada hari yang sama setelah pemberian perlakuan. Siswa dapat menyimpan 86,5% informasi dari teks pada 2 hari selanjutnya. Lalu, siswa dapat menyimpan 78,5% informasi dari teks pada 7 hari selanjutnya. Disamping itu, grup control dapat menyimpan 85% informasi. Pada hari yang sama setelah pemberian perlakuan. Pada 2 hari selanjutnya, siswa dapat menyimpan 78% informasi dari teks. Pada 7 hari selanjutnya, siswa dapat menyimpan 67,5 informasi. Hasil penelitian, dapat disimpulakan bahwa penggunaan peta pemikiran efektif untuk mempertahankan memori jangka panjang dalam membaca teks deskriptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Pada 2 hari setelah pemberian perlakuan, grup eksperimen dapat mempertahankan informasi lebih hebat 8,5% dibandingkan grup kontrol. Pada 1 minggu selanjutnya, grup eksperimen mempertahankan informasi lebih hebat 11% dibandingkan grup kontrol. Data ini membuktikan bahwa menggunakan peta pemikiran dapat mempertahankan informasi lebih baik dibandingkan grup tanpa menggunakan teknik peta pemikiran.
The objectives of this research were investigate the effectiveness of mind mapping technique to maintain long term memory in reading descriptive text at eight grade students of SMP Negeri 3 Tarakan and provide the data regarding how much the information can be maintained through mind mapping technique in reading descriptive text at eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan. The design of this study was pre-experimental. The study applied the static group comparison design with only post test. There were two classes as the samples of this study. The experimental class was taught by using mind mapping technique and control class was taught by using conventional teaching. Reading test was used as the research instrument. The test was held in different days. The test was held on the same day after treatment done, 2 days later after treatment done and 7 days later after treatment done. The data were analyzed by using Independent Sample T-Test with SPSS 16.0 The result of Independent sample t-test showed that t-test score in the day after giving treatment was higher than t-table (4.819 > 1.686). T-Test score in two days later was higher than t-table (2.697 > 1.686). T-Test score in one week later was higher than t-table (3.085 > 1.686). It meant the control group was difference significantly from the experimental group. The result of this research based on the means score, the experimental group could store 95% information of text in the same day after giving treatment. In two days later, students could store 86,5% information of the text. Then, one week later, students could store 78,5% information of the text. Besides, the control group could store 85% information of text in the day after treatment done. In two days later, students could store 78% information of the text. Then, one week later, students could store 67,5% information of the text. Based on this result, it can be concluded that the use of mind mapping technique was effective to maintain long term memory in reading descriptive text at eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan. At 2 days after treatment done, the information that can be maintained of the experimental group was greater 8,5% than control group. At 1 week later after treatment done, the information that can be maintained of the experimental group was greater 11% than control group. It proved that using mind mapping could better maintain information than without using mind mapping technique.