
Improving The Students’ Achievement On Writing A Recount Text Through Picture Series At Class VIII-A Of SMP Mulawarman Tarakan Academic Years 2013/2014
Pengarang : Yuniar Pesta Ria Silalahi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Mulawarman Tarakan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan lembar pengamatan untuk mengambil data dari aktivitas guru dan siswa dikelas dan tes menulis dengan menggunakan rubrik penilaian menulis yang telah disiapkan oleh peneliti untuk mengetahui peningkatan menulis siswa. Di dalam penelitian ini, guru yang mengajar siswa kelas VIII-A di SMP Mulawarman Tarakan bertindak sebagai pengamat. Beliau mengamati seluruh kegiatan guru dan siswa-siswi di dalam kelas. Sementara peneliti bertindak sebagai guru. Dia mengajarkan writing yang berhubungan dengan teks recount dengan menggunakan gambar berseri. Penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik dan gambar berseri mempengaruhi antusias, aktivitas, dan kepercayaan diri siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes menulis siswa pada siklus pertama ada 15 atau 47% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 25 atau 78% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Jadi bisa disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks recount melalui gambar berseri meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambar berseri efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan gambar berseri sebagai media dalam proses pembelajaran. Penggunaan gambar berseri khususnya pembelajaran menulis teks recount berguna untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Untuk peneliti selanjutnya disarankan juga agar dapat menggunkan media ini untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya menulis teks recount.
The research method in this research was classroom action research. The subject of the research was the students of class VIII-A of SMP Mulawarman Tarakan on academic year 2013/2014 consisting of 32 students. The action research was conducted from April to May 2014. The research was conducted in two cycles, started from planning, implementation, observation and reflection. The researcher used observation sheets, to take information of the teacher and students’ activities in the classroom and writing test with using writing rubric was designed by ressearcher based on the instructional material to know the students writing improvement. In this research, the teacher who taught the class VIII-A of SMP Mulawarman Tarakan acted as an observer. He observed whole of teacher and students’ activities during teaching learning process. Meanwhile, the researcher acted as a teacher. She taught writing recount text by using picture series. The findings of this research showed that result of observation for teacher activity has good category and picture series was proven to have stimulated the students’ enthusiasm, activities and confident during teaching and learning process. Based on the result of writing test in the first cycle was found that 15 or 47% students reached the criteria of success, then it improved in the second cycle to 25 or 78% students reached the criteria of success. So, it can be concluded that the students’ achievement on writing recount text through picture series can be improved. Based on the finding, it can be summed up that picture series is effective to improve students’ writing skill and the students’ involvement in teaching and learning process. It is suggested to the English teachers to use picture series as a media in teaching process. Furthermore, the use of picture series especially in the teaching writing recount text is very useful to the students to increase their writing skill. For other researcher also suggested can used this media for improve the students’ writing skill especially in writing recount text.