Nilai Sosial Dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita (Tinjauan Sosiologi Sastra) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Nilai Sosial Dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Nilai Sosial Dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Pengarang : Servia Dwi Tristiyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Skripsi ini berjudul Nilai Sosial dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita Tinjauan Sosiologi Sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai Sosial kususnya Kerohanian yang terdapat dalam novel 9 Matahari karya Adenita. Sumber data penelitian ini adalah novel 9 Matahari karya Adenita yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh penerbit Grasindo dengan jumlah 359 halaman. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai sosial khususnya kerohanian ditinjau secara sosiologi sastra. Data diperoleh melalui teknik baca catat. Artinya, peneliti membaca teks secara keseluruhan dan mencari data yang menunjukkan nilai sosial khususnya Kerohanian, Kemudian membuat klasifikasi data berdasarkan indikator yang dibuat. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan cara menginterpretasikan data tersebut kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai sosial kerohanian yang terdapat dalam novel 9 Matahari karya Adenita dapat dikelompokkan menjadi: 1. Nilai Sosial Kerohanian Religius, yaitu tawakal, berdoa, bersyukur, beribadah, mengaji. 2. Nilai Sosial Kerohanian Moral, yaitu suka menolong, menolong tanpa pamrih, saling berbagi, menghargai orang lain, penyesalan, sopan santun, peduli terhadap sesama, menghormati, bohong. 3. Nilai Sosial Kerohanian Keindahan, yaitu lukisan, musik, nyanyian, tanaman. 4. Nilai Sosial Kerohanian Kebenaran, yaitu pengamatan, perenungan, wahyu ilahi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dalam novel 9 Matahari terdapat 4 nilai sosial kerohanian. Dari keempat nilai sosial khususnya kerohanian yang terdapat dalam novel tersebut, yang lebih dominan adalah nilai sosial kerohanian moral dan yang tidak dominan ialah nilai sosial kerohanian kebenaran dan nilai sosial kerohanian keindahan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi