
Analisis Tren Penelitian Pendidikan Biologi Selama 1 Dekade (2011-2020) di Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Lolyta Damanik - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian Pendidikan Biologi selama 1 dekade (2011-2020) di Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu skripsi mahasiswa Pendidikan Biologi lulusan tahun 2011-2020 yang mengumpulkan ke perpustaakan UBT. Tren yang dilihat yaitu dari dimensi pendekatan yang digunakan, jenis atau metode penelitian, bidang penelitian dan sampel penelitian. Skripsi yang terkumpul berdasarkan data yang mengumpulkan ke perpustakan yaitu 315 buah skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian Pendidikan Biologi yang dilihat dari sudut pandang pendekatan yang digunakan diperoleh bahwa pendekatan kuantitatif memiliki nilai yang signifikan dibandingkan dengan pendekatan yang lainnya dengan nilai persentase 53%, pendekatan kombinasi dengan nilai persentase 37% dan kualitatif dengan nilai 10%. Selanjutnya berdasarkan bidang yang digunakan diperoleh bahwa 84% bidang Pendidikan Biologi dan 16% bidang biologi murni. Sedangkan jika dilihat dari jenis/metode penelitian yang sering digunakan adalah quasi eksperimen dan R&D dengan sampel yang banyak digunakan di jenjang SMP dan SMA.
This study aimed to analyze trends in Biology Education research for a decade (2011-2020) at the University of Borneo Tarakan. This literature study research used a qualitative approach. The subject in this study were the undergraduate theses of biology education students in 2011-2020 who submitted to the UBT library. The trend was seen from the dimensions of the approach used, the type or method of research, the field of research and the research sample. The collected theses were based on the data collected to the library, namely 315 theses. The results showed that the quantitative approach had a significant value compared to other approach with a percentage value of 53%, followed by a combination approach 37%, and a qualitative approach 10%. Furthermore, based on the fields used, it was found that 84% were the field of biology education and 16% in the field of pure biology. Meanwhile, when viewed from the type/research method, the quasi experiment and R&D with samples were widely used at the junior and senior high school levels.