
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Sarah Diba - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (PTK/CAR) yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar mengajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Tarakan. Waktu Penelitian dilakukan semester II tahun pembelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R Pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu bulan Januari 2015 sampai April 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 4 Tarakan yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 15 putra dan 23 putri. Desain penelitian yang digunakan terdiri dari: 1) perencanaan, 2)pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan tes. Instrumen penelitian diukur dengan menggunakan format antara lain: 1) tes kompetensi pengetahuan dan tes kompetensi keterampilan, 2) lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Teknik analisis data yaitu menentukan ketuntasan belajar individual dan menentukan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil tes kompetensi membaca pemahaman siswa dan ketuntasan belajar klasikal. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I diperoleh nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 44. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan membaca pemahaman 79,37 dan ketuntasan belajar klasikal 69,44%. Pada siklus II nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 59,5. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan membaca pemahaman meningkat menjadi 80,01 dan ketuntasan belajar klasikal 86,48%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 4 Tarakan.
Tidak Tersedia Deskripsi