
Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Heriansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dan pada setiap indikatornya ditinjau dari disposisi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tarakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tarakan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 180 siswa kelas IX yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi dengan nilai rata-rata 77,99. Rincian untuk setiap indikator memperoleh nilai rata-rata 89,58 yang tergolong tinggi pada indikator memahami masalah, 92,71 yang tergolong tinggi pada indikator meyusun rencana, 97,40 yang tergolong tinggi pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan 32,29 yang tergolong rendah pada indikator memeriksa kembali. Siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan nilai rata-rata 52,13. Rincian untuk setiap indikator memperoleh nilai rata-rata 50,00 yang tergolong kategori rendah pada indikator memahami masalah, 60,44 yang tergolong sedang pada indikator meyusun rencana, 81,61 yang tergolong tinggi pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan 16,48 yan tergolong rendah pada indikator memeriksa kembali. Siswa dengan disposisi matematis rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan nilai rata-rata 40,69. Rincian untuk setiap indikator memperoleh nilai rata-rata 31,93 yang tergolong rendah pada indikator memahami masalah, 48,05 yang tergolong rendah pada indikator meyusun rencana, 71,21 yang tergolong sedang pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan 11,58 yang tergolong rendah pada indikator memeriksa kembali.
Kata Kunci: Disposisi Matematis, Pemecahan Masalah Matematika
This study aimed to describe the ability to solve mathematical problems and each indicator was reviewed from the mathematical disposition of the ninth grade students of SMP Negeri 1 Tarakan. This research used a descriptive method with a quantitative approach. This research was conducted at SMP Negeri 1 Tarakan in the odd semester of the 2020/2021 school year. The population in this study were all the ninth grade students of SMP Negeri 1 Tarakan.The sample in this study amounted to 180 students who were taken using cluster random sampling technique. The data collection techniques used were tests and questionnaires. The results showed that students with high mathematical disposition had high mathematical problem solving abilities with an average score of 77.99. The mean scores for each indicator were 89.58 (high) for understanding the problem, 92.71 (high) for compiling a plan, 97.40 (high) for implementing the completion plan, and 32.29 (low) for recheck. Students with moderate mathematical disposition had low mathematical problem solving abilities with an average score of 52.13. The mean scores for each indicator were 50.00 (low) for understanding the problem, 60.44 (moderate) for compiling a plan, 81.61 (high) for implementing the completion plan, and 16.48 (low) for recheck. Students with low mathematical disposition had low mathematical problem solving abilities with an average score of 40.69. The mean scores for each indicator were 31.93 (low) for understanding the problem, 48.05 (moderate) for compiling a plan, 71.21 (moderate) for implementing the completion plan, and 11.58 (low) for recheck. Keywords: Mathematical Disposition, Mathematical Problem Solving