Makna dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Kesehatan Di Kota Tarakan (Kajian Semantik) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Makna dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Kesehatan Di Kota Tarakan (Kajian Semantik)

Makna dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Kesehatan Di Kota Tarakan (Kajian Semantik)

Pengarang : Helpina Pasila - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan makna dan gaya bahasa yang terdapat dalam iklan kesehatan di kota Tarakan. Sumber data penelitian ini adalah iklan kesehatan di kota Tarakan. Penelitian ini difokuskan pada analisis makna dan gaya bahasa yang terdapat dalam iklan kesehatan kota Tarakan. Data diperoleh dengan teknik membaca, mencatat dan menganalisis. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara tertulis semua makna dan gaya bahasa yang terdapat dalam iklan kesehatan kota Tarakan berdasarkan iklan-iklan yang terkait dengan penggunaan makna dan gaya bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan makna dalam iklan kesehatan kota Tarakan cenderung pada penggunaan makna kata Leksikal atau makna yang sesuai dengan referennya, makna yang sesuai dengan hasil observasi alat indera, atau makna yang sungguh-sungguh nyata dalam kehidupan. Terdapat 10 jenis gaya bahasa, yaitu gaya bahasa eklamasio, asidenton, repetisi, retoris, interupsi, inversi, polisindeton, aliterasi, alonim dan ellipsis. Gaya bahasa yang dominan dalam iklan tersebut adalah gaya bahasa eklamasio yaitu gaya bahasa yang menggunakan kata seru.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi