
Improving Students’ Reading Achievement On Procedure Text Through Make A Match Model At Tenth Grade Students Of SMK Negeri 3 Tarakan In Academic Year 2014/2015
Pengarang : Yoel Kila - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa menggunakan model Make a Match pada materi teks prosedur. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Tarakan yang berlokasi di jalan Karya Bersama Gunung Mandiri mulai bulan Oktober sampai dengan November 2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh ARL (X-ARL) di SMK Negeri 3 Tarakan tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 35 siswa. Siswa diberikan materi pelajaran tentang Teks Prosedur dengan menggunakan model Make a Match. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dengan dua siklus untuk meningkatkan prestasi membaca siswa kelas sepuluh ARL (X-ARL) di SMK Negeri 3 Tarakan. Peneliti menggunakan dua instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu: lembar observasi dan pilihan ganda. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, tekhik analisa dari penelitian ini menggunakan dari lembar observasi guru, siswa dan perhitungan nilai pada tes yang telah diberikan sebagai strategi pembelajaran dalam penelitian tindakan. Hasil pada penelitian siklus I, tujuh belas siswa atau 49% dari jumlah siswa yang tidak mencapai criteria kentuntasan minimum dan delapan belas siswa atau 51% dari jumlah siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimum. Sedangkan pada hasil penelitian siklus II, empat siswa atau 11% dari 35 siswa yang tidak mencapai criteria ketuntasan minimum dan tiga puluh satu siswa atau 89% dari jumlah siswa yang telah mencapai criteria ketuntasan minimum. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, yang mana 91% atau 35 siswa dari 35 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimum. Hasil ini menunjukkan Model Make a Match yang telah diterapkan dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas X-ARL di SMK Negeri 3 Tarakan.
The objective of this research was to improve the student’s Reading achievement through make a match model on procedure text material. This research was conducted at SMK Negeri 3 Tarakan located on Jalan Karya Bersama Gunung Mandiri started from October until November 2014. The subject of this research was the tenth grade students (X-ARL) of SMK Negeri 3 Tarakan consisted of 35 students. The students were taught procedure text material through make a match as learning model. The design of this research was Classroom Action Research, it is based on the research conducted with two cycles to improve students’ reading achievement at tenth grade students (X-ARL) in SMK Negeri 3 Tarakan. Researcher used two instruments to collect the data of this research, there were: Observation sheet and Multiple Choice Test. Based on data collection techniques, data analysis techniques used to analyze data from teacher observations, students observation data and calculate scores on the achievement test that was given of the application of learning strategies for action research. The test result in cycle I, there were seventeen students or 49% from total students did not achieve the minimum criteria of success and eighteen students or 51% from total students which could achieve the minimum criteria of success. While the result of cycle II, four students or 11% from 35 students which did not achieve the minimum criteria of success and thirty one students or 91% from total students which could achieve the minimum criteria of success. Based on the result of this research, there are 91% or 31 students from 35 students which achieve the minimum criteria of success. The results showed that Make a Match model can improve the students’ reading comprehension in seventh grade (X-ARL) students at SMK Negeri 3 Tarakan.