
The Effectiveness Of Using Picture In Writing Descriptive Text At Seventh Grade Students Of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Lilis Sulistiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam menulis teks deskriptif untuk siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah dari April sampai Mei 2015 . Peneliti menggunakan desain penelitian quasi - eksperimen . Di sini, peneliti mengambil data dari semester kedua. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan di 2014/2015 tahun akademik .Sampel dari penelitian ini terdiri dari duakelas VII - A dan VII - 8 ,mereka dibawa dengan menggunakan total sampling. Untuk mengetahui deskriptif kemampuan menulis paragraph siswa ,peneliti menggunakan tes tertulis yang diberikan dalam pretest dan posttest. Hasil perhitungan dengan menggunakan formulasi t -test di SPSS 16.0 antara kelas eksperimen dan kelas control adalah 4.320 .Ini berarti bahwa t -test lebih tinggi dari t - tabel .Derajat kebebasan (df) ditentukan oleh ukuran sampel yang terlibat , sehingga yang N - 2 = 47 pada tingkat signifikansi 0,05 , sedangkan nilai t – table adalah 1,6779 . Hal ini menunjukkan bahwa t -test lebih tinggi dari pada nilai t tabel (4.320> 1,6779). Ini berarti bahwa hasil pengajaran menggunakan, pengelompokan lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan gambar. Akhirnya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Peneliti ini menyimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan gambar lebih efektif dari pada siswa yang diajar tanpa gambar di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan .
The research aimed at finding the effectiveness of using picture in writing descriptive text for seventh grade students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. The research was conducted at SMP Muhammadiyah from April until May 2015. It was quasi-experiment research design. Here, the researcher took the data from second semester. The population of this research was the seventh grade students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan in 2014/2015 academic year. The sample of this research consisted of two classes, VII-A and VII-B. They were taken by using total sampling. To know the student's descriptive paragraph writing skill, the researcher used writing test which administered in pretest and posttest. The result of computation by using t-test formulation in SPSS 16.0 between experimental class and control class was 4.320. It means that t-test was higher than ttable. The degrees of freedom (df) were determined by the size of the sample involved, thus that is N – 2 = 47 at the level of significance 0.05; the value of t-table was 1,6779.It indicates that the t-test was higher than the value of t-table (4.320 > 1.6779). It means that the result of teaching using picture was higher than without using picture. Finally, the null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. This researcher concluded that students who were taught by using picture was effective than the students who were taught without using picture at the eighth grade of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan.