An Analysis On English Final Test Item At Even Semester At Seventh Grade In SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of An Analysis On English Final Test Item At Even Semester At Seventh Grade In SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

An Analysis On English Final Test Item At Even Semester At Seventh Grade In SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Haniyfa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Menganalisis butir soal adalah salah satu kegiatan pengevaluasian, yang ditujukan kepada guru karena dalam hal ini guru berperan penting dalam pembuatan soal pada setiap mata pelajaran yang bersangkutan. Kegiatan menganalisis butir soal sangatlah penting dalam setiap tes yang akan diujikan, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas soal tersebut. Setelah setelah diadakan kegiatan menganalisis butir soal ujian sekolah kelas 7 dengan menggunakan data yaitu berupa soal ujian, kunci jawaban dan hasil jawaban pekerjaan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir seluruh jumlah soal ujian sekolah yang diberikan mudah dikerjakan oleh semua siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya pembeda dan taraf tingkat kesukaran dengan menggunakan analisis butir soal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan sampel sejumlah 30 siswa pada kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi berupa arsip berupa tes butir soal Ujian Sekolah kelas VII mata pelajaran bahasa Inggris. Bentuk penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam menganalisis butir soal dengan menggunakan daya pembeda dan taraf tingkat kesukaran yaitu antara lain : berdasarkan tingkat kesukaran secara keseluruhan bahwa soal ujian sekolah tersebut dikatakan mudah karena hampir seluruh siswa bisa mengerjakan dengan mudah , dan sehingga berdasarkan daya pembeda pada soal ujian sekolah tersebut mengalami kesulitan untuk membedakan antara siswa pandai dan siswa kurang pandai.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi