
The Implementation of Make A Match Model In Teaching Reading On Procedure Text At Ninth Grade Students of SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan
Pengarang : Dedy Suhendro Manurung - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi model make a match dalam pengajaran membaca pada materi teks prosedur pada siswa kelas sembilan di SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan yang berlokasi di jalan Ki Hajar Dewantara pada bulan Oktober sampai November 2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas sembilan (IX-B) di SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 29 siswa. Siswa diberikan materi pelajaran tentang Teks Prosedur dengan menggunakan model Make a Match, desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan berbagai instrumen menggunakan observasi, merekam, wawancara dan analisa dokumen. Semua dari instrumen pengumpulan data ini telah digunakan untuk dikumpulkan dalam mendapatkan informasi tentang implementasi model make a match dalam pengajaran membaca pada materi teks prosedur di kelas sembilan B(IX-B) di SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan guru mempersiapkan perangkat pengajaran sebelum mengajar seperti syllabus and RPP, guru mengimplementasikan make a match model. Siswa dapat bekerja sama dan membantu satu sama lain selama implementasi make a match model, model pembelajaran ini juga membuat atmosfer yang aktif dan menyenangkan. Siswa dapat memahami materi dalam kelompok mereka untuk membuat langkah yang benar dan banyak siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Peneliti menyimpulkan bahwa pengajaran membaca melalui Make a match model adalah aktivitas untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Dapat dilihat melalui fakta dimana siswa terlihat aktif dalam membaca dan memahami materi pelajaran selama implementasi model pembelajaran make a match.
The objective of this research was to describe the implementation of make a match model in teaching reading on procedure text at ninth grade students of SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan located on Jalan Ki Hajar Dewantara started from October until November 2014. The subject of this research was the ninth grade students (IX-B) of SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan in Academic Year 2014/2015 consisted of 29 students. The students were taught procedure text material through make a match as learning model. The design of this research was descriptive qualitative research. It described factually about the implementation of make a match model in teaching reading on procedure text at the ninth grade students of SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan by using some instruments: observation sheet, recording, interview guide, and document analysis. The data obtained were analyzed through data triangulation from the instruments. The results of this research showed that teacher prepared the documents before the learning process such as syllabus and lesson plan then teacher implemented of make a match model to the students. Students could work together and helped each other during the implementation of make a match model, this model also create an atmosphere of active learning and fun. Students could comprehend the material in their groups discussion to correct the steps of text cards and most of students achieved minimum criteria of success. It can be concluded that teaching reading through make a match model was an activity to increase students’ participation in teaching learning process. It can be proven by the fact that students were active to read and comprehend the learning material during the implementation of make a match model.