
Efektivitas Penggunaan Pendekatan Quantum Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Rachmaniah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran Quantum Learning ditinjau dari hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus 2014 di SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas XI dan sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes pilihan ganda, dan lembar angket. Data tes pilihan ganda dan lembar angket di analisis menggunakan software SPSS 16.0 for Window. Teknik analisis data menggunakan perbedaan nilai gain hasil belajar, hasil uji rata-rata motivasi siswa dengan uji Independent Sample T-Test, dan Uji MANOVA. Hasil perbedaan nilai gain hasil belajar menunjukkan terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar antara kelas eksperimen yang mengggunakan pendekatan quantum learning sebesar 21,53 daripada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah bervariasi sebesar – 6,31. Hasil uji Independent Sample T-Test skor rata-rata motivasi siswa menunjukkan bahwa nilai signifikan ( sig. (2-tailed)) yaitu 0,001 < taraf signifikan (0,05), hal tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan pendekatan Quantum Learning lebih efektif ditinjau dari motivasi siswa daripada kelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Sedangkan, Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan pendekatan Quantum Learning ditinjau dari hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan.
The purpose of this study is to know The Effectivenes Quantum Learning Approach Learning Result and Motivation Students in The Biological Learning in Class XI Students of SMA Negeri 2 Tarakan. This research was conducted in August 2014 at SMA Negeri 2 Tarakan. This is quasi-experimental research with population from XI grade and the sample taken from 2 classes. The technique sampling is cluster purposive sampling. Collection technique using the documentation, multiple choice test, and questionnaire sheet. Data of multiple choice test and questionnaire sheet were analyzed using software SPSS 16.0 for Windows. The Analyze Data Technique used different value of learning gain results, mean of motivation results with Independent Sample T-Test, and MANOVA Test.. The result of difference in value gain learning results showed there were significant differences in learning results between experiment class that used quantum learning approach by 21,53 than the control class by – 6,31. The result of Independent Sample T-Test mean of student motivation showed that significant value ( sig. (2-tailed)) by 0,001 < significance level (0,05), it shows that the use of quantum learning approach is more effective in terms of students motivation than class control. According to the results, it can be concluded that there was effectivenes quantum learning approach in terms of learning result and students motivation in the biological learning in class XI students of SMA Negeri 2 Tarakan